Dr. Muchlas Kembangkan Model Pembelajaran Online untuk Praktek Teknik Digital di Perguruan Tinggi

PPs UNY kembali meluluskan Doktor dari Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) melalui Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Sabtu (4/05/2013) di Aula PPs UNY dengan Promovendus Muchlas. Penelitian yang dikembangkan yaitu pembelajaran praktek menggunakan simulator yang dilengkapi dengan fasilitas kolaborasi praktek online yang dapat digunakan secara fleksibel untuk berbagai simulator, mudah dalam implementasinya, menyediakan kelengkapan program aplikasi desktop dan online, menyediakan fasilitas komunikasi teks sinkron maupun asinkron, serta terintegrasi dengan learning management system (LMS).

Penelitian yang dipromotori oleh Prof. Sarbiran, Ph.D. dan Herman Dwi Surjono, Ph.D. tersebut bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran praktek online teknik digital dan perangkat-perangkat pendukungnya, dan mengetahui kelayakan dan efek pembelajaran dari model yang dikembangkan, sehingga  dapat digunakan oleh para dosen di Program Studi Teknik Elektro dan program studi serumpunnya sebagai alternatif  penyelenggaraan kegiatan praktek yang fleksibel dengan biaya rendah.

Muchlas memaparkan bahwa penelitiannya dilaksanakan melalui tahap-tahap pengembangan yang meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, ujicoba awal, revisi produk utama, ujicoba lapangan, revisi produk akhir, serta diseminasi dan implementasi produk.  “Validasi produk dilakukan oleh ahli pembelajaran multimedia, ahli bidang studi teknik digital, ahli ­e-learning dan ahli desain instruksional. Untuk memperoleh konsensus para ahli terhadap validitas model hipotetik yang dikembangkan, digunakan teknik Delphi yakni penyimpulan hasil berdasarkan konsensus para ahli” tambahnya.

Dosen yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tersebut menjelaskan bahwa penelitiannya telah menghasilkan model pembelajaran online untuk praktek teknik digital beserta perangkat pendukungnya yang layak diimplementasikan untuk mendukung kegiatan praktek yang fleksibel dengan biaya rendah di perguruan tinggi. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah Portal Laboratorium Virtual dengan alamat akses http://elab.uad.ac.id, Panduan Model Pembelajaran Praktek Online, Satuan Acara Perkuliahan/Praktek Teknik Digital, Buku Ajar Teknik Digital, Panduan Pengoperasian Simulator Breadboard, Panduan Praktek Online untuk Dosen/Instruktur/Mahasiswa, dan Panduan Praktek Teknik Digital dengan metode inkuiri terbimbing.

Melalui penelitian ini juga telah dapat dibuktikan bahwa produk yang dikembangkan memberikan dampak pembelajaran yang positif, yaitu dapat menaikkan tingkat pencapaian belajar mahasiswa secara signifikan. Produk juga memperoleh persepsi yang positif dari subjek terkait dengan aspek instruksional dan aspek tampilan produk.

Hasil Ujian Terbuka yang dibacakan oleh Ketua Tim Penguji, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. menyatakan bahwa Dr. Muchlas berhak menyandang Doktor ke-172 di PPs UNY dan Doktor ke-48 di Prodi PTK dengan hasil Sangat Memuaskan. (Sinta)