Dr. Kokom Kembangkan Model Pembelajaran PM-WBL

Kurangnya kesadaran bahwa sesungguhnya melalui praktik industri pendidikan vokasi tidak sekedar menambah wawasan tentang dunia kerja, namun praktik industri merupakan outsourcing karena sumberdaya di lembaga pendidikan tidak mencukupi untuk membentuk kompetensi yang harus dikuasai peseta didik. Seperti diketahui bahwa pembelajaran yang hanya bersifat simulasi tidak akan pernah mencapai keahlian yang profesional, sehingga perlu alternatif pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa mencapai kompetensi yang seharusnya. Demikian paparan Dr. Kokom Komariah dalam Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Senin, 3 Juni 2013 di Aula PPs UNY.

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT UNY tersebut lebih fokus untuk menemukan gambaran model pembelajaran pengolahan makanan di industri bagi mahasiswa D3 Teknik Boga serta konsep pembaharuan dalam pembelajaran pengolahan makanan dengan konteks Work-Based Learning (WBL). Pendekatan WBL diprediksi dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah praktek industri tersebut karena prosesnya berdasarkan pengalaman di tempat kerja yang dilakukan oleh mahasiswa baik secara individu maupun kelompok

Di hadapan dewan penguji yang diketuai oleh Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. dan beranggotakan Prof. Soenarto, Ph.D. (Sekretaris), Prof. Dr. Herminarto Sofyan (Promotor), Prof. Pardjono, Ph.D. (Co-Promotor), Prof. Dr. Sutari Imam Barnadib (Penguji I), dan Prof. Sukardi, Ph.D. (Penguji II), Dr. Kokom menjelaskan bahwa hasil penelitiannya menunjukkan model Pengolahan Makanan dengan pendekatan Work-Based Learning (PM-WBL) valid dan reliable. Selain itu, kompetensi yang dapat dilatihkan di industri hotel adalah kompetensi pengolahan makanan dan employability skills. Model ini juga memiliki keunggulan dan kelemahan dari aspek input, proses, dan output, serta memberi manfaat yang besar bagi mahasiswa, dosen pembimbing, lembaga pendidikan, dan industri.

Hasil Ujian Terbuka yang dibacakan oleh Ketua Tim penguji menyatakan bahwa Dr. Kokom Komariah berhak menyandang gelar Doktor ke-175 di PPs UNY dan Doktor ke-49 di Prodi PTK dengan hasil “Sangat Memuaskan”. (Sinta)