DOKTOR UNY BERTAMBAH LAGI

Pengembangan Model Indikator Kinerja Sekolah Efektif Jenjang SMP, itulah judul Disertasi yang berhasil dipertahankan oleh Amat Jaedun di depan Tim Penguji Disertasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, pada hari Sabtu, 14 Maret 2009 di Ruang Sidang PPs UNY.

Bapak yang pada masa kecilnya dipanggil dengan Jaedun ini adalah Doktor ke 35 yang berhasil diluluskan Program Pascasarjana UNY, dan ke 33 dari Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Di depan Tim Penguji Disertasi yang beranggotakan Prof. Soenarto, Ph.D., Prof. Djemari Mardapi, Ph.D., Prof. Suyata, Ph.D., Prof. Sukamto, Ph.D., Sumarno, Ph.D., Prof. Dr.Wuradji, dan Supra Wimbarti, Ph.D., Amat Jaedun mengatakan bahwa metode pengukuran keefektifan sekolah pada beberapa program peningkatan mutu sekolah di Indonesia masih didominasi oleh cara pandang tradisional, di mana keefektifan sekolah hanya diukur berdasarkan kualitas output yang dihasilkan oleh sekolah yang bersangkutan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model indikator kinerja sekolah efektif dalam aspek proses, yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemetaan kualitas proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah sebagai basis data dalam perencanaan program peningkatan mutu sekolah, demikian dikatakan oleh Dosen kelahiran Purworejo pada tanggal 8 Agustus 1961.

Lebih lanjut Bapak yang beristrikan Dra Eko Sulistyowati, mengatakan bahwa penelitian ini untuk melakukan validasi empiris terhadap model indikator kinerja sekolah efektif yang telah dikembangkan. Validasi model tahap awal dilakukan melalui studi kasus pada enam SMP negeri, dengan melibatkan subjek uji sebanyak enam kepala sekolah, 36 guru dan 228 siswa. Validasi model tahap akhir dilakukan melalui survei pada 30 SMP negeri, dengan melibatkan subjek uji sebanyak 30 kepala sekolah, 178 guru dan 1042 siswa. Konstruk model indikator yang dikembangkan terdiri enam aspek: (1) kepemimpinan sekolah; (2) praktik pembelajaran; (3) pengembangan staf; (4) lingkungan dan iklim akademik di sekolah; (5) program peningkatan prestasi siswa; dan (6) peran serta orangtua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan. Pengumpulan data pada validasi model tahap awal dilakukan dengan angket dan wawancara dengan kepala sekolah, sedangkan pengumpulan data pada validasi model tahap akhir dilakukan dengan angket. Analisis validitas instrumen dilakukan terhadap validitas isi dan validitas konstruk. Analisis validitas konstruk dilakukan dengan analisis komparasi antar kelompok dan analisis faktor model konfirmatori (CFA), sedangkan analisis reliabilitas didasarkan pada konsistensi internal dengan formula Alpha-Cronbach. Analisis data penelitian dilakukan dengan statistik deskriptif, analisis komparasi, CFA dan analisis validitas data dengan korelasi product moment.

Ketika disinggung mengenai hasil penelitian, Anak dari pasangan Bapak (Alm) Salamun dan Ibu Suratinem, menegaskan bahwa hasil validasi model menunjukkan bahwa konstruk model indikator kinerja sekolah efektif yang berhasil dikembangkan mencakup enam aspek proses penyelenggaraan pendidikan sesuai yang dihipotesiskan. Pengukuran tingkat kinerja sekolah dapat dilakukan berdasarkan persepsi para pelaku pendidikan di sekolah sebagai berikut: (1) tingkat kinerja sekolah dapat diukur berdasarkan persepsi kepala sekolah mengenai enam aspek proses penyelenggaraan pendidikan, 15 dimensi, yang dijabarkan ke dalam 48 indikator; (2) tingkat kinerja sekolah dapat diukur berdasarkan persepsi guru mengenai enam aspek proses penyelenggaraan pendidikan, 19 dimensi, yang dijabarkan ke dalam 57 indikator; dan (3) tingkat kinerja sekolah dapat diukur berdasarkan persepsi siswa mengenai empat aspek proses penyelenggaraan pendidikan, yaitu: (a) praktik kepemimpinan sekolah; (2) kualitas praktik pembelajaran; (3) lingkungan dan iklim akademik di sekolah; dan (4) peran serta orangtua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan, 13 dimensi, yang dijabarkan ke dalam 51 indikator. Secara umum, tingkat kinerja dari sekolah-sekolah kategori baik (efektif) pada semua aspek yang diukur berdasarkan indikator kinerja sekolah yang telah dikembangkan, menunjukkan kecenderungan yang tinggi, efektif dan kondusif, sedangkan tingkat kinerja dari sekolah-sekolah kategori kurang pada semua aspek tersebut menunjukkan kecenderungan yang rendah, tidak efektif dan tidak kondusif.

Dewan Penguji Disertasi yang beranggotakan Prof. Soenarto, Ph.D., Prof. Djemari Mardapi, Ph.D., Prof. Suyata, Ph.D., Prof. Sukamto, Ph.D., Sumarno, Ph.D., Prof. Dr.Wuradji, dan Supra Wimbarti, Ph.D. menyatakan puas dengan jawaban-jawaban yang disampaikan oleh Bapak dari 4 orang anak ini.

Bapak Amat Jaedun adalah dosen pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jabatan yang pernah disandang beliau antara lain adalah Konsultan Peningkatan Sarana Pendidikan pada Direktorat Pembinaan TK dan SD Ditjen Mandikdasmen (2005-2007), Koordinator Lab Fisika Teknik Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan UNY (1999-2001), Sekretaris Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, FT UNY (1998-1999), dari tahun 1995 sampai sekarang masih menjabat sebagai Anggota Pusat Penelitian Pendidikan Dasar dan Menengah, Lemlit UNY.

Selesai acara ujian disertasi, dilanjutkan dengan ramah tamah di Ruang 101 dan 102 Gedung Program Pascasarjana UNY. Pada sambutannya Direktur PPs UNY Prof. Soenarto, Ph.D. menyampaikan ucapan selamat yang ditujukan kepada Amat Jaedun beserta keluarga, dengan harapan dengan lulusnya Bapak Amat Jaedun akan memperkokoh usaha UNY dalam rangka mengapai WCU pada umumnya, dan bagi Fakultas Teknik merealisasikan menghasilkan guru-guru sekolah kejuruan yang memiliki kredibilitas untuk mengjar di Sekolah Bertaraf Internasional. Pada bagian lain wakil dari Promotor, Bapak Prof. Sukamto, Ph.D. menyampaikan bahwa tugas belajar tidak berhenti sampai dengan S-3 tetapi dengan lulus S-3 baru merupakan awal kiprahnya di masyarakat.

Acara ramah tamah dihadiri oleh Direktur, Asdir I, II, beserta pengelola PPs UNY lainnya, para promotor, Dekan FT, Pembantu Dekan FT, Kajur Bangunan FT, dosen di lingkungan UNY, para guru SMA 6 Yogyakarta, dan tamu undangan lainnya.

Selamat buat Bapak Amat Jaedun, semoga ilmu yang diperoleh di PPs UNY bermanfaat bagi Bapak, Keluarga, Masyarakat, Agama, Bangsa dan Negara. Amin.