DISKUSI INTERAKTIF MAHASISWA PBSI PPs UNY DENGAN MAHASISWA PB PPs UNJ

Kuliah kerja lapangan tidak dimaknai hanya sebagai acara studi banding antarprodi semata. Lebih dari itu, kegiatan ini bisa dijadikan ladang untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Seperti kunjungan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Selasa, 9 Oktober 2018 lalu. Rombongan UNJ ini mengajak diskusi interaktif prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs UNY terkait masalah-masalah dalam bidang bahasa saat ini. Acara dibuka terlebih dahulu dengan sambutan Kaprodi PBSI PPs UNY, Dr. Kastam Syamsi, M.Ed. dan Kaprodi PB PPs UNJ, Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd. Selanjutnya, sambutan dari Direktur PPs UNY, yakni Prof. Dr. Marsigit, M.A.

Selain perkenalan prodi masing-masing, acara dilanjutkan dengan presentasi artikel dengan tema “Pembelajaran Bahasa di Era Revolusi Industri 4.0”. Sebelum diskusi berlangsung, ruangan hikmat sejenak menyimak pembacaan puisi dari salah satu mahasiswa PB PPs UNJ dengan judul “Sajak Palsu” karya Agus R. Sarjono. Diskusi ini diikuti oleh 25 mahasiswa dari PB PPs UNJ serta 15 mahasiswa dari PBSI PPs UNY. Diskusi semakin menarik karena permasalahan pembelajaran bahasa ini dilihat dari berbagai kacamata mahasiswa, yang mempunyai keberagaman pekerjaan di bidang bahasa, konsentrasi, dan pengalaman masing-masing. Di sinilah momen saling bertukar pikiran untuk mengkritisi pembelajaran bahasa di era disrupsi.

Setelah diskusi selesai, mahasiswa PB PPs UNJ diajak untuk mengunjungi digital library UNY. Menyaksikan bagaimana literasi pada era digital ini, sambil berdiskusi. Tidak cukup berhenti begitu saja. Keesokan harinya, prodi PBSI PPs UNY dan PB PPs UNJ bersama-sama mengikuti International Conference on Interdisciplinary Language, Literature, and Education (ICILLE), yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, UNY. Konferensi internasional ini dilaksanakan pada tanggal 10-11 Oktober 2018. Selama tiga hari berturut-turut kebersamaan antara prodi PBSI PPs UNY dengan PB PPs UNJ menjadi pengalaman luar biasa untuk menggali ilmu bahasa dan saling bertukar informasi (Oktavia).