Dari KNB untuk Merapi

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu proses pemulihan pasca bencana meletusnya gunung Merapi yang telah menyapu ratusan hektar lahan, menghilangkan nyawa, dan menyisakan kesedihan. Pada hari Selasa (08/02/11) mahasiswa KNB UNY melakukan aksi sosial ke desa Kali Tengah, yang merupakan pemukiman terdekat dengan kaki gunung Merapi. Aksi sosial tersebut berisi kegiatan-kegiatan yang sederhana namun sarat dengan makna dan kepedulian.

Penanaman pohon merupakan agenda pertama, mengingat lahan di sekitar merapi sangat membutuhkan proses penghijauan. Mahasiswa KNB melakukan aksi penanaman 25 bibit pohon mahoni dan tanjung di area gundul akibat sapuan awan panas Merapi. Aksi mahasiswa KNB pun dilanjutkan dengan kunjungan ke daerah pemukiman yang sedang dilakukan pembangunan hunian sementara. Mahasiswa KNB melihat proses pembangunan hunian yang terbuat dari bambu dan menyerahkan sedikit makanan ringan kepada para relawan yang sedang melakukan pembangunan tersebut.

Aksi terakhir yang dilakukan adalah kunjungan ke barak pengungsian yang terletak cukup jauh dari desa Kali Tengah. Target utama kunjungan ini adalah anak-anak. Para mahasiswa memberikan bingkisan berupa makanan ringan kepada anak-anak yang sangat membutuhkan sentuhan kasih sayang dan hiburan. Aksi sosial yang dilaksanakan dari pagi sampai siang hari tersebut merupakan bentuk kepedulian dari Mahasiswa KNB terhadap Merapi dan para korban yang membutuhkan bantuan.