Dadan Rosana, Doktor ke 37 PPs UNY

Dadan Rosana yang kelahiran Ciamis, 2 Februari 1969 ini, berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul Model Pembelajaran Lima Domain Sains dengan Pendekatan Kontekstual untuk Mengembangkan Pembelajaran Bermakna, di depan dewan penguji disertasi yang terdiri dari Prof. Soenarto, Ph.D., Prof. Dr. Mundilarto, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D., Prof. Dr. Sumadji, Kamsul Abraha, Ph.D., Prof. Suryanto, Ed.D., dan Prof. Dr. Abdul Gafur.

Secara umum penelitian dalam disertasi yang ditulis oleh Bapak yang beristrikan Ely Susilawati ini, bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran Lima Domain Sains (MP5DS) yang dilengkapi dengan perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian yang didesain dengan pendekatan kontekstual berlandaskan teori konstruktivisme sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna. Praktik pembelajaran sains belum dapat mengembangkan secara keseluruhan 5 domain dari sains. Domain kognitif tetap paling dominan dikembangkan, sedangkan domain proses, domain sikap, domain aplikasi dan kreativitas pada praktiknya di lapangan masih belum dikembangkan dengan baik.

Tujuan khusus dari penelitian dalam disertasi yang ditulis Bapak yang pernah menjabat Konsultan Pendidikan Kab. Halmahera Selatan ini adalah; (1) mengembangkan dan mengimplementasikan perangkat pembelajaran dan sumber belajar yang digunakan dalam MP5DS, (2) mendapatkan pola hubungan antar variabel dalam MP5DS, yaitu antara domain proses, domain sikap, dan domain aplikasi dengan domain pengetahuan dan domain kreativitas, dan (3) mendapatkan pola hubungan antara MP5DS dengan variabel yang secara determinan mempengaruhinya yaitu lingkungan psikososial pembelajaran dan kompetensi guru.

Dadan Rosana, beberapa kali menjabat posisi penting baik di FMIPA atau di luar FMIPA, antara lain tahun 1995-1997 menjabat sebagai Ketua Laboratorium Fisika Atom Inti, Tahun ini (2009) menjabat Koordinator Laboratorium Fisika Dasar. Tahun 2008 sampai dengan sekarang masih menjabat sebagai Konsultan Pendidikan Kabupaten Halmahera Selatan. Tugas lain yang diemban, membantu pada Bidang Kurikulum Intergrated International Islamic School Luqman Al Hakim dan Bidang Kurikulum Yayasan Salman Al Farisi

Metode penelitian yang digunakan untuk merealisasikan tujuan itu kata Bapak yang masih berstatus dosen di FMIPA UNY ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari tahap penelitian deskriptif, evaluatif, dan eksperimental. Tahap penelitian deskriptif, digunakan dalam penelitian awal untuk menghimpun data tentang kondisi yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran sains. Tahap penelitian evaluatif, digunakan untuk mengevaluasi proses uji coba pengembangan perangkat pembelajaran. Tahap penelitian eksperimen digunakan untuk menguji penerapan MP5DS dalam pembelajaran nyata. Model R&D yang digunakan adalah model spiral (Cennamo & Kalk, 2005:7) yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu; mendefinisikan, merancang, mendemonstrasikan, mengembangkan, dan menyajikan. Untuk mendapatkan pola hubungan antar variabel dalam MP5DS digunakan analisis jalur, sedangkan untuk mendapatkan pola hubungan antara MP5DS dengan variabel lingkungan psikososial pembelajaran dan kompetensi guru digunakan model persamaan struktural menggunakan program AMOS 6.0.

Lebih lanjut Dadan (nama kecil) mengungkapkan bahwa hasil yang sesuai dengan rancangan prosedur penelitian dan pengembangan, yaitu; (1) telah didapatkan prototipe perangkat pembelajaran dan prosedur model implementasi kurikulum MP5DS yang relevan untuk pembelajaran sains di sekolah dasar, (2) telah didapatkan pola hubungan antar variabel dalam MP5DS yaitu, terdapat pengaruh yang langsung positif dan signifikan maupun yang tidak langsung antar variabel kognitif, afektif, proses, aplikasi dan kreativitas, (3) pencapaian nilai untuk masing-masing domain adalah: tes kognitif termasuk pada kategori tinggi (73,11 %), nilai sikap cukup baik (58%), nilai proses tinggi (63,31%), nilai aplikasi tinggi (61,93%) dan nilai kreativitas masih rendah (39,41%), serta (4) penelitian ini juga menemukan hubungan antara variabel dependen dan independen dari MP5DS. Hasilnya menunjukkan MP5DS dipengaruhi oleh lingkungan psikososial pembelajaran sains dan kompetensi guru. Variabel lingkungan psikososial pembelajaran sains memiliki pengaruh yang langsung positif dan signifikan (faktor bobot = 0,60, cr =11,490, dan p <0,000|), sedangkan variabel kompetensi guru memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan (faktor bobot = 0,34, cr = 11,490, dan p <0,000| ) terhadap pengembangan pembelajaran menggunakan MP5DS.

Riwayat Pendidikan Bapak Dadan, diawali SD di SDN Buniseuri 1 Ciamis Jawa Barat lulus 1981, melanjutkan di SMPN Buniseuri Ciamis Jawa Barat lulus tahun 1984. SMA tamat tahun 1987 dari SMAN Kawali Ciamis Jawa Barat. Berhasil menamatkan S1 tahun 1992 dari IKIP Bandung. Program Magisternya diperoleh tahun 1997 dari Institut Teknologi Bandung. Masuk pada Program Doktor UNY prodi PEP tahun 2000 dan pada hari ini dapat menyelesaikan studinya dari Program Pascasarjana UNY.