CAPAIAN AKREDITASI PPS UNY

Akreditasi merupakan aktivitas yang harus dijalankan oleh setiap institusi pendidikan termasuk pada jenjang perguruan tinggi (PT). Akreditasi bertujuan untuk memberikan jaminan bahwa institusi PT yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara PT yang tidak memenuhi standar. Selain itu, mendorong PT untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi. Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit PT, pemberian bantuan, dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi lain.

Dalam kurun waktu tahun 2017 ini, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta telah divisitasi oleh BAN PT untuk menentukan mutu pada beberapa program studi. Hingga akhir tahun ini, telah terbit predikat akreditasi dari BAN-PT sebagai hasil dari field assessment yang telah dilaksanakan. Pada jenjang magister (S-2), berhasil meraih akreditasi A antara lain Manajemen Pendidikan (MP), dan Bimbingan dan Konseling (BK), sedangkan peraih akreditasi B (sebagai prodi baru) adalah Pendidikan Teknik Mesin (PTM), Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan yang baru-baru ini adalah Psikologi. Sementara itu, untuk jenjang Doktoral (S-3) berhasil terakreditasi A antara lain prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP), Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK), dan Manajemen Pendidikan (MP), sedangkan prodi Ilmu Pendidikan berhasil meraih predikat akreditasi B.

Menanggapi hasil ini, Asisten Direktur I PPs, Sugito, mengaku bangga dan bahagia. “Melihat hasil ini, kami selaku pimpinan merasa bangga dan bersyukur, dan selalu mendorong agar yang sudah mendapatkan A, bisa mempertahankan dan selalu meningkatkan prestasi dan kualitasnya. Prodi baru yang terakreditasi B, mari siapkan diri untuk melakukan re-akreditasi sehingga bisa meningkatkan akreditasi menjadi A untuk mendukung UNY yang masuk dalam kluster I dan menuju World Class University, “tegas Sugito.

Capaian hasil akreditasi menjandikan prodi semakin percaya diri untuk menunjukkan ciri khasnya yang tidak dimiliki prodi yang sama di LPTK selain UNY. Prodi PEP semakin percaya diri sebagai pencetak ahli dalam bidang metodologi asesmen, evaluasi dan penelitian pendidikan. Pordi PTK semakin kokoh sebagai prodi rujukan pendidikan vokasi di Indonesia, sedangkan MP semakin terpacu untuk mencetak calon pemimpin besar dan terpercaya dalam bidang pendidikan.  Di sisi lain, capaian ini semakin memacu Kaprodi, Sekprodi dan dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran agar dapat mencetak lulusan unggul dan profesional sesuai bidang ilmunya. (Rubiman).