Berhasil Pertahankan Akreditasi A, Perkokoh Prodi PTK Jadi Rujukan Pendidikan Vokasi di Indonesia

Program Studi Doktoral (S3) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta berhasil mempertahankan peringkat akreditasi A. Demikian kabar gembira yang ditunggu-tunggu beberapa waktu, telah resmi dirilis oleh BAN-PT. Hasil tersebut tertuang dalam keputusan BAN-PT No. 2969/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017.

“Akhirnya hasil akhir yang mendebarkan banyak pihak, hari ini telah kami terima dengan sangat menggembirakan, ”ungkap ketua program studi, Prof. Soenarto, Ph.D. Menurutnya, prestasi ini merupakan hasil akhir dari sebuah proses panjang yang telah dilalui. Diawali dengan pembentukan tim, pengumpulan data dan informasi, penyusunan borang akreditasi, review, revisi, visitasi internal, revisi kembali, pengiriman borang, dan akhirnya bisa menerima visitasi dari BAN-PT. Proses yang telah dilalui ini melibatkan kerjasama banyak pihak, pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. “Atas prestasi ini kami sampaikan terima kasih pada semua pihak yang telah banyak memberikan kontribusinya,” tambahnya.

Sebelumnya, prodi PTK untuk jenjang Magister (S-2) juga baru saja memperoleh akreditasi A. Dengan capaian prestasi akreditasi ini, semakin memperkokoh pernyataan asesor ketika viaitasi, bahwa prodi PTK di UNY menjadi rujukan bagi pendidikan vokasi di Indonesia. “Hasil ini semakin memantapkan posisi PTK PPs UNY yang sangat diperhitungkan di level nasional. Hal ini akan menjadi pemicu bagi kami untuk semakin meningkatkan kualitas, sehingga predikat prodi yang menjadi rujukan penyelenggaraan prodi PTK di Indonesia dapat kami buktikan dan pertahankan, “tambah Dr. Putu Sudira, sekprodi PTK.

Dengan capaian akreditasi unggul ini, semakin meningkatkan rating UNY yang kali ini telah masuk dalam cluster 1 dalam hal pemeringkatan pemeringkatan Perguruan Tinggi. Dalam lingkup Program Pascasarjana tercatat terdapat 14 prodi dari 36 prodi yang telah terakreditasi A. Ke depan pengelola terus bekerja keras untuk meningkatkan predikat akreditasi tersebut untuk mendukung posisi UNY di cluster 1 dan menuju WCU. (Rubiman)

 

.