Berbagi Bahagia Bersama Mereka

Salah satu mencapai kebahagiaan hidup yang hakiki adalah dengan cara berbagi. Itulah yang disadari oleh KMP UNY sehingga pada hari Minggu, 30 November 2014 KMP UNY mengadakan Bakti Sosial di Panti Jompo dan Panti Asuhan. Kurang lebih selama dua minggu KMP UNY mengajak mahasiswa PPs UNY untuk memberikan sumbangan baik pakaian layak pakai, mainan anak-anak, buku bacaan maupun dalam bentuk uang. Bantuan yang diperoleh dari mahasiswa dan alumni PPs UNY terdiri dari: sepuluh dus pakaian layak pakai, uang tunai sebesar Rp 2.250.000, dan beberapa perlengkapan sekolah.

Minggu pagi rombongan KMP UNY berangkat dari kampus tercinta menuju Panti Jompo Wredha Budhi Dharma. Panti yang beralamat di Ponggalan UH7/203, Umbulharjo dihuni oleh lima puluh mbah-mbah, baik mbah putri maupun mbah kakung. Pada sambutannya, Ketua Pelaksana kegiatan, Zaenal Arifin, S.Pd menyampaikan bahwa Bakti Sosial yang diadakan oleh KMP UNY merupakan implementasi dari pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi.

Selain itu Zaenal mengucapkan terimakasih dan merasa senang sekali bersilaturahmi dengan para mbah kakung dan mbah putri. Selanjutnya pengelola menceritakan sejarah panti. Panti Wredha Budhi Dharma berdiri sejak tahun 1952. Sebagai pencetus adalah Bapak Budhi Haryono dan Bapak Dharmo. Dahulu terletak di Jl. Solo No. 63 Yogyakarta (sekarang Hotel Sri Manganti). “Pada waktu itu panti ini masih bersifat umum yaitu menampung anak-anak jalanan, gelandangan, tuna wisma maupun jompo terlantar. Kurang lebih berjalan 15 tahun, pemerintah memisah panti ini berdasarkan kelompok usianya”, terang pengelola. Setelah sambutan, KMP UNY kemudian secara simbolis menyerahkan bantuan dan kenang-kenangan. Acara selanjutnya beramah tamah dengan para mbah kakung dan mbah putri.

Bakti sosial berikutnya diadakan di Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Dzikro. Panti Asuhan Al-Dzikro beralamat di Manggung RT 07 Wukirsari, Imogiri, Bantul dan dihuni oleh 75 anak-anak, baik yang tinggal di panti maupun di sekitar panti. Kegiatan dimulai pukul 13.15 WIB. Pada sambutannya, Bapak Turmudi selaku pengelola panti menyampaikan rasa terimakasih kepada mahasiswa PPS UNY, khususnya Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY yang telah memberikan bantuan dan bersilaturahmi di Panti Asuhan Al-Dzikro.

Acara berikutnya adalah pemberian motivasi yang disampaikan oleh Veny Sri Astuti, S.Pd. Mahasiswi dari Prodi Pendidikan Matematika ini dengan penyampaian yang menyenangkan berhasil menjadi pusat perhatian anak-anak. Ia mengajak anak-anak panti agar berani untuk bermimpi dan mewujudkan cita-cita. Selain itu, Venny juga menjelaskan bahwa untuk sukses ada enam tahap yang harus dilakukan, yaitu: impain, niat yang kuat, usaha, kerja keras, semangat, memiliki etika, dan menjadi manusia yang bermanfaat. Pada sesi berikutnya anak-anak berebut menjawab pertanyaan karena ada hadiah bagi yang berhasil menjawab dengan benar. Kegiatan selesai pukul 16.00 WIB dan diakhiri dengan foto bersama. (Agp)