Animo Pendaftar Gelombang I di PPs UNY Meningkat

Animo pendaftar mahasiswa baru program magister (S2) di Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta TA 2015/2016 pada Gelombang I mencapai 541 mahasiswa. Sedangkan pendaftar mahasiswa baru untuk jenjang doktor (S3) berjumlah 35 mahasiswa dengan dominasi mahasiswa pada program studi Ilmu Pendidikan.

Jumlah pendaftar S2 meningkat hampir 35 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya. Program studi yang banyak diminati antara lain Pendidikan Matematika dengan pendaftar 82 mahasiswa, Pendidikan Dasar 54 mahasiswa, Ilmu Keolahragaan 53 mahasiswa serta Pendidikan Bahasa  dan Sastra Indonesia 52 mahasiswa. Berdasarkan data pendaftar, hampir sebagian besar calon mahasiswa baru adalah fresh graduate dari program S1. Peningkatan jumlah peserta ini dapat disebabkan oleh dibukanya 19 program studi baru (BK, P. Bahasa Jawa, P. Bahasa Inggris, PBSI, P. Biologi, P. Ekonomi, P. Fisika, P. Geografi, P. Kimia, P. Sejarah, P. Teknik Elektro, P. Teknik Elektronika dan Informatika, P. Teknik Mesin, P. Seni, PKK, PLB, PPKn, Psikologi dan PAUD) di Program Pascasarjana UNY berdasarkan mandat dari DIKTI, selain itu kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi generasi penerus bangsa juga menjadi salah satu faktornya. Terlebih dalam rangka menghadapi MEA 2015, kebutuhan perusahaan negeri dan swasta terhadap tenaga kerja yang cerdas dan berpendidikan semakin tinggi.

Ujian masuk calon mahasiswa baru Program Pascasarjana UNY Gelombang I diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 15 Februari 2015. Ujian tulis berisi soal pilihan ganda terdiri atas Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris. Setiap mata ujian calon mahasiswa diberikan waktu 120 menit untuk mengerjakan soal dan menjawabnya pada lembar jawab komputer (LJK) yang sudah disediakan. Untuk jenjang S2 hanya mengerjakan ujian tulis saja, sedangkan untuk jenjang S3 ditambah dengan sesi wawancara yang dilaksanakan oleh Kaprodi masing-masing.

Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas unggul, Program Pascasarjana UNY memiliki baku mutu pada proses seleksi calon mahasiswa. Calon mahasiswa harus memenuhi standar passing grade yang sudah ditentukan. Dengan seleksi yang ketat, diharapkan nantinya Program Pascasarjana UNY dapat menghasilkan output yang lulus tetap waktu dan nantinya keilmuannya dapat dimanfaatkan untuk khalayak umum. Seiring dengan itu, Program Pascasarjana UNY juga akan terus meningkatkan pelayanan terhadap kebutuhan mahasiswa, baik dari segi akademis maupun administrasi agar jalannya pelaksanaan perkuliahan mahasiswa hingga akhir dapat berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. (ADR)