3 lulusan Doktor di PPs UNY dalam 3 Hari

Dalam kurun waktu 3 hari PPs UNY kembali meluluskan 3 orang Doktor yakni 2 Doktor untuk Prodi PEP dan 1 Prodi PTK. Ke tiga Doktor tersebut talh mempertahanakan penelitian disertasi mereka dihadapan para penguji.

Kulsum Nur Hayati adalah Seorang ibu satu anak yang masih aktif di PUSTEKKOM Kemendiknas merupakan alumni UNY sejak menempuh jenjang S1 hingga jenjang Doktor. Dengan judul penelitian Pengembangan Tes Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi SMA dengan Spesifikasi Butir (Item Specification)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes prestasi belajar mata pelajaran ekonomi yang disusun berdasar spesifikasi butir (item specification). Tes prestasi belajar tersebut untuk mengukur penguasaan konsep mikro ekonomi mata pelajaran Ekonomi pada siswa SMA dengan menggunakan seperangkat tes yang butir-butirnya telah memiliki bukti validitas empirik yang meliputi  materi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya, harga dan jumlah keseimbangan, serta berbagai bentuk pasar barang. Ibu yang kerap disapa dengan panggilan atik ini menyelesaikan studi Program Doktor dalam waktu 72bulan.

Fauzan, Doktor lulusan ke-70 di Program Pascasarjana ini memilih judul Pengembangan Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika di SMA. Dengan waktu yang lebih pendek (48bulan), Bapak yang berstatus sebagai pengajar di STKIP Hamzanwadi Selong NTB berhasil mempertahankan penelitian disertasi pada hari Sabtu 28 Agustus 2010. Penelitian Dr. Fauzan ini bertujuan untuk menemukan model tes diagnostik kesulitan belajar matematika siswa SMA, meliputi kesulitan konsep bilangan, aljabar dan geometri.

Penelitian melalui dua tahapan, yakni tahap pengembangan instrumen—yang disertai uji coba untuk memperoleh bukti empiris, dan tahap pengukuran. Penyusunan instrumen didahului dengan penyusunan learning continuum pada konsep bilangan, aljabar dan geometri untuk rujukan penyusunan kisi-kisi item tes diagnostik kesulitan belajar matematika.

Muhammad Yahya sebagai Doktor terakhir di bulan Agustus ini mengangkat permasalahan di tingkat SMP dengan judul penelitian Model Penanaman Nilai Kerja Dan Faktor-Faktor  Determinanasi Hasil PNK Di SMP. Penanaman nilai kerja bagi anak sejak usia muda merupakan hal yang urgen untuk dilakukan guna mempersiapkan manusia dewasa yang produktif, berjiwa usahawan, dan mampu berkompetisi secara global. Pendidikan saat ini, masih cenderung mementingkan aspek kognitif sebagai tujuan akhir pembelajaran ketimbang aspek afektif dan psikomotor, sehingga diduga sebagai salah satu penyebab rendahnya watak keunggulan dan  produktif  lulusan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk: (1) menemukan model dan hasil penanaman nilai kerja (PNK) yang efektif dan produktif  diintegrasikan pada pelajaran keterampilan di SMP; dan (2) menemukan faktor-faktor yang menjadi determinan terhadap penanaman nilai kerja (PNK) di SMP.

Selamat Kepada ke tiga orang Doktor. Semoga ilmu yang didapat di PPs UNY dapat bermanfaat.