11 Mahasiswa KNB Membincangkan Pendidikan di Berbagai Negara

Sebagai hasil akhir mata kuliah Seminar dari program Bridging Course UNY pada semester genap, para mahasiswa KNB 2013 melakukan presentasi yang dikemas dalam bentuk seminar bertemakan “Membincangkan Pendidikan di Berbagai Negara”.

Dalam seminar perdana ini, ada 11 mahasiswa asing yang mempresentasikan makalah mereka di depan hadirin yang terdiri dari dosen, pengelola, tutor, dan mahasiswa UNY. Topik utama yang dibahas adalah pendidikan di negara masing-masing. Melalaui topik tersebut, diharapkan munculnya ide-ide segar seputar pendidikan dan semakin luasnya wawasan tentang pendidikan di negara lain.

3 mahasiswa dari Afrika, yaitu Makan Sacko (Mali), Claver (Burundi), dan Theo (Burundi) mempresentasikan sistem pendidikan secara umum dan pembelajaran bahasa Inggris di negara mereka. Selain itu, 3 mahasiswa dari Thailand juga memaparkan tema yang berkaitan dengan pendidikan. Sakinah memaparkan materi tentang pembelajaran bahasa Thailand, Atikah membahas pembelajaran bahasa Inggris, dan Lukman menjelaskan peran kepala sekolah. Touy dan Thip yang berasal dari Laos menyampaikan makalah mereka yang berisi pembelajaran bahasa Laos dan bahasa Inggris di negaranya. Sedangkan Yanja (Madagaskar) dan Rachid (Maroko) memberikan penjelasan tentang persamaan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Malagasi dan Arab.

Mata kuliah seminar yang diampu oleh Ari Kusmiatun, M.Hum. tersebut memberikan pengalaman kepada mahasiswa asing untuk melakukan presentasi dan diskusi akademik. Dengan demikian, mereka akan lebih siap memasuki dunia akademik sebenarnya di UNY, baik di jenjang S1 atau S2. [UMAR]