February 2020

Model Evaluasi Pendidikan Karakter di Madrasah Tsanawiyah

Persoalan karakter saat ini menjadi masalah yang sangat urgen dalam perkembangan berbangsa di sebuah negara. Kenakalan remaja yang seringkali menghiasi kolom berita di media massa seperti bolos sekolah, tawuran, pencurian pemerasan serta penyalahgunaan obat terlarang merupakan salah satu bentuk kegagalan pendidikan karakter di negeri ini. Berangkat dari dari fenomena ini, Umum Budi Karyanto mengangkat tema Model Evaluasi Pendidikan Karakter di Madrasah Tsanawiyah sebagai judul dari Disertasinya.

Predikat Premier Institution dari Akreditasi ASIC untuk 11 Program Studi di PPs UNY

11 Program Studi di PPs UNY mendapatkan predikat Premier Institution dari Akreditasi ASIC (Accreditation Service for International School, Colleges and Universities). Prodi-prodi tersebut antara lain Linguistik Terapan S2, Manajemen Pendidikan S2 dan S3, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 dan S3, Bimbingan Konseling S2, Teknologi Pendidikan S2, Pendidikan IPS S2, Ilmu Keolahragaan S2, Pendidikan Teknik Kejuruan S2 dan S3.

Faktor Determinan Employability Skills siswa SMK Pariwisata Bidang Boga

Kebutuhan tenaga kerja dalam bidang boga atau kuliner saat ini makin meningkat. Peluang tenaga kerja dan pekerjaan yang bergerak di bidang inipun semakin besar pula. Untuk mengantisipasi hal ini dibutuhkan kemampuan untuk merekonstruksi dan mengadaptasi pengetahuan, sikap dan keterampilan, sesuai dengan pengalaman yang dimiliki dan konteks yang dihadapi, ungkap Fitri Rahmawati, staff pengajar UNY dalam Ujian Terbuka Doktor yang diadakan di PPs UNY.

Model Service-Learning dalam Pembelajaran Biologi untuk Mengembangkan Karakter dan Penguasaan Materi Materi pada Mahasiswa

Pemerintah memiliki komitmen dalam Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Formal, termasuk pada Pendidikan Tinggi. Untuk keberhasilan Pendidikan Karakter, Model Pembelajaran yang efektif terus diperlukan, buka Luisa Diana Handoyo dalam pemaparan Disertasi yang berjudul Model Service-Learning dalam Pembelajaran Biologi untuk Mengembangkan Karakter dan Penguasaan Materi Materi pada Mahasiswa.

PENGUKUHAN GURU BESAR BIDANG ILMU PEMBELAJARAN PROSES PERMESINAN

Proses pemesinan adalah merupakan suatu proses yang digunakan untuk menghilangkan sebagian dimensi dari benda kerja dengan mempergunakan mesin perkakas dan alat potong (metal cutting process) sehingga terbentuk komponen seperti yang dikehendaki. Proses pemesinan hingga saat ini merupakan proses yang paling banyak digunakan di dalam membuat suatu komponen mesin yang lengkap dan merupakan proses manufaktur yang memiliki peranan sentral dalam pembuatan suatu unit peralatan atau mesin.

PENGUKUHAN GURU BESAR BIDANG ILMU TEKNOLOGI PANGAN

Penguatan ketahanan pangan dan derajat kesehatan masyarakat bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun tanggung jawab dari setiap pribadi sebagai masyarakat di Indonesia. Adanya Revolusi Industri 4.0 harus menjadi momentum untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah, perguruan tinggi, pelaku industri dan masyarakat untuk mewujudkan pertumbuhan dan peningkatan daya saing berbagai pangan lokal.