December 2019

Perkembangan Pendidikan Orang Dewasa di Negara Berkembang

Negara berkembang pasti banyak memiliki masalah, terutama pada program pendidikan masyarakat. Negara berkembang menitikberatkan pada program pendidikan masyarakat. Pihak pemerintah telah mewadahi berbagai persoalan tersebut dengan payung pendidikan non formal. Dr. Gumpanat Booriboon dari Shrinakarinwirot University, Bangkok Thailand dihadirkan oleh Prodi S2 PLS untuk menjelaskan Perkembangan Pendidikan Orang Dewasa di Thailand. “Pendidikan orang dewasa yang telah lama dilaksanakan dan melembaga mempunyai tempat berpijak yang kokoh dalam sistem pendidikan Thailand.

Pendekatan Psikologi Positif pada Toxic Relationship

Toxic relationship adalah hubungan yang tidak menyenangkan bagi diri sendiri atau orang lain. Hubungan ini juga akan membuat seseorang merasa lebih buruk. Ciri-ciri toxic relationship antara lain, merasa tidak aman, ada kecemburuan, keegoisan, ketidakjujuran, sikap merendahkan, memberi komentar negatif, dan mengkritik, buka Dr. Nurlaila Effendy, M.Si dalam Semiloka Psikologi Positif yang bertajuk Pendekatan Psikologi Positif pada Toxic Relationship.

 

Sinergitas ADGVI dan APTEKINDO

Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, melalui Prodi PTK Prof. Dr. M. Bruri Triyono, M.Pd. telah berhasil memfasilitasi pertemuan 2 (dua) asosiasi bidang keteknikan Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) dan Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia (APTEKINDO)

Pertemuan dihadiri Pengurus ADGVI Pusat, para Kaprodi/Sekprodi S2 dan S3 PTK UNY, UNP, UNNES, UNESA, UPI, UNTIRTA, UM, UNM, dan UNIMA; serta para Tim Pengembang Prodi S2/S3 PTK, PTEI, PTM, PKK, dan Guru Besar Bidang VOKASI FE UNY, Direktur dan Wakil Direktur Pasca UNY.

Pondasi dalam Perkembangan Anak Usia Dini

Usia dini bisa dikatan “Golden Age” karena pada masa ini anak menemukan atau mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat luar biasa. “Di usia ini, pendidikan usia dini memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan anak selanjutnya” buka Prof. Dr. Noordin bin Mamat dari Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia. Noordin dihadirkan sebagai Visiting Professor dari Prodi S2 PAUD selama 5 hari. Lebih lanjut, Noordin menegaskan bahwa pendidikan anak usia dini juga dapat di jadikan sebuah fondasi dasar kepribadian anak.

Dosen PPs beri Kuliah di UPSI Malaysia

Salah seorang dosen Program Studi S2 Pendidikan Matematika UNY, Endah Retnowati, Ph.D., memberikan perkuliahan tentang Penelitian Pendidikan Matematika, khususnya dalam bidang Cognitive Load Theory (CLT) pada tanggal 7-16 November 2019 di Fakultas Sains dan Matematics (FSM) UPSI, Malaysia. Selain mengajar, beliau juga melakukan kegiatan diskusi dengan dosen di fakultas tersebut terkait dengan riset di bidang CLT yang diharapkan akan membuahkan riset kolaborasi pada tahun berikutnya. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara pihak UNY dengan UPSI.

Monitoring dan Evaluasi Mahasiswa YSU DISS

Bila ingin lebih mengenal mengenai Indonesia, pelajarilah Bahasa Indonesia. Jangan cuma setengah-setengah. Melalui bahasa, semua kegiatan dapat dijalani, dengan mudah karena komunikasi lancar. Kalian sebagai mahasiswa asing UNY, jangan hanya belajar hal akademis saja, tapi pelajarilah juga segala kebiasaan dan lingkungan kalian” buka Prof. Dr. Marsigit, M.A dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Mahasiswa YSU DISS (Yogyakarta State University Distinguished International Student Scholarship)