November 2018

SALAM LITERASI: STUDI LABORATORIUM PBSI PPs UNY KE UPI

Salam Literasi. Studi laboratorium prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs UNY kali ini, mengusung tema “Mengembangkan Mutu, Kreativitas, dan Literasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia”. Meskipun musim penghujan telah tiba, tetapi tidak menurunkan semangat dan laju untuk mengunjungi UPI pada hari Senin, 12 November 2018 lalu. Terlihat ekspresi gembira dari rombongan prodi PBSI PPs UNY angkatan 2017, saat melakukan studi laboratorium ke prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Refreshing publikasi bagi dosen Pascasarjana UNY

Pada Jumat (9/11) Bagian Publikasi Pascasarjana UNY  menyelenggarakan Seminar “Refreshing publikasi bagi dosen Pascasarjana UNY”. Kegiatan  diagendakan bagian publikasi untuk  meningkatkan kapasitas mahasiswa dan dosen. Kemampuan menulis karya ilmiah sangat penting untuk mendukung program pascasarjana, yang dituntut untuk dapat menghasilkan jurnal ilmiah sebagai persyaratan kelulusan Program Pascasarjana di UNY.

Prodi S2 Pendidikan Kimia UNY Studi Laboratorium ke Malaysia

Sebanyak 13 mahasiswa prodi S2 Pendidikan Kimia-A angkatan 2017 yang didampingi Prof. Dr. Nurfina Aznam, SU., Apt telah melaksanakan kegiatan studi laboratorium dengan mengunjungi Universiti Putra Malaysia (UPM) dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Pada tanggal 25 Oktober 2018, rombongan peserta studi laboratorium diterima oleh Pimpinan serta dosen-dosen Departemen Kimia UPM.

MEMPERERAT KERJASAMA DENGAN DEPARTMENT OF EDUCATION, NATIONAL CHIAYI UNIVERSITY TAIWAN

Sejalan dengan Visi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Pascasarjana UNY memiliki Visi dan Rencana Strategis yaitu pada tahun 2025 menjadi Program Pascasarjana Kependidikan yang unggul dalam pendidikan dan penelitian di Asia Tenggara, sesuai dengan nilai-nilai ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut maka diperlukan dukungan dari semua sivitas akademika, terutama dukungan terhadap peningkatan dan pengembangan kerjasama akademik.

DISKUSI INTERAKTIF MAHASISWA PBSI PPs UNY DENGAN MAHASISWA PB PPs UNJ

Kuliah kerja lapangan tidak dimaknai hanya sebagai acara studi banding antarprodi semata. Lebih dari itu, kegiatan ini bisa dijadikan ladang untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Seperti kunjungan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Selasa, 9 Oktober 2018 lalu. Rombongan UNJ ini mengajak diskusi interaktif prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs UNY terkait masalah-masalah dalam bidang bahasa saat ini. Acara dibuka terlebih dahulu dengan sambutan Kaprodi PBSI PPs UNY, Dr. Kastam Syamsi, M.Ed.

KULIAH UMUM ANALISIS WACANA KRITIS PRODI PBSI PPs UNY

Bahasa mempunyai peran penting dalam mengungkap berbagai permasalahan yang ada. Salah satu bentuk menganalisis suatu permasalahan yakni dengan analisis wacana kritis. Oleh karena itu, prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs UNY mengadakan kuliah umum terkait analisis wacana kritis pada Kamis, 25 Oktober lalu. Kuliah umum ini dibersamai oleh Prof. Dr. Anang Santso, M.Pd. Beliau adalah guru besar Ilmu Wacana pada Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

DISKUSI AKADEMIK BERSAMA MAHASISWA PBSI UNIVERSITAS MULAWARMAN

Mahasiswa sebagai agen perubahan tentu harus bersikap kritis dengan dunia akademik. Seperti yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, yang menerima tamu untuk berdiskusi dari Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mulawarman. Pertemuan ini dilakukan pada hari Selasa, 30 Oktober 2018 lalu. Rombongan Magister PBSI FKIP Unmul ini terdiri dari mahasiswa, staf, dan dosen. Rombongan juga disertai oleh Kaprodi Magister PBSI FKIP Unmul, yakni Dr.

The First Conference of Ethnomathematics

Pendidikan dan budaya merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Budaya merupakan kesatuan utuh dan menyeluruh yang berlaku dalam suatu masyarakat sedangkan pendidikan merupakan kebutuhan dasar yang harus terpenuhi pada setiap individu. Pendidikan dan budaya merupakan pondasi bagi bangsa yang bermartabat. Pendidikan dan kebudayaan merupakan aspek terpenting dalam upaya membangun karakter bangsa. Pembentukan karakter bangsa ini merupakan tanggung jawab bersama seluruh komponen bangsa untuk berkomitmen membentuk, membangun dan mempertahankannya.