December 2016

Aan Ikhsananto, Ketua Umum KMP UNY 2017

KMP UNY – Mubes III Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY yang dilaksanakan pada Jumat (16/12) di Aula lantai 3 PPs UNY telah melahirkan pemimpin baru. Aan Ikhsananto, S.Pd terpilih menjadi ketua umum KMP UNY 2017 setelah melalui beberapa tahapan pemilihan ketua. Mahasiswa Pendidikan Ekonomi PPs UNY angkatan 2016 ini bersaing dengan delapan bakal calon ketua umum lainnya hingga akhirnya peserta Mubes III KMP UNY menyepakati secara mufakat bahwa ketua umum KMP UNY 2017 adalah Aan Ikhsananto.

Manajemen Tutor PKBM Efektif Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan

Pendidikan memiliki peran sentral  dan strategis dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM), karena di dalamnya terjadi proses pengembangan potensi manusiawi dan pewarisan kebudayaan. Dalam sistem pendidikan nasional, pendidikan diselenggarakan melalui tiga jalur yaitu pendidikan formal, nonformal, dan informal. Pada jalur nonformal terdapat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Mengoptimalkan Bimbingan dengan Sarasehan Analisis Data Statistik

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Bidang ilmu ini dipergunakan pada hampir semua disiplin ilmu. Dalam dunia pendidikan, bidang ilmu ini biasanya diperlukan dalam rangkaian penelitian dan penyelesaian tugas akhir seorang mahasiswa. Salah satu disiplin ilmu yang mempergunakan pengetahuan statistika adalah bidang pendidikan seni.

Konsep Pembelajaran Praktik Berbasis Industri, Solusi Permasalahan Prodi PTO

Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang berbasis pada keterampilan, yang bertujuan menghasilkan lulusan yang mudah memasuki pasar kerja dan mampu berwirausaha. Pendidkan kejuruan yang berkualitas akan tercapai apabila permasalahan yang ada segera dan sebaik mungkin dipecahkan.

SEMNAS BIMBINGAN DAN KONSELING 2016

Rabu (23/11) Program Studi Bimbingan Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana dan Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan seminar nasional bimbingan dan konseling di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY. Mengusung tema “Penguatan Orientasi Nilai dalam Bimbingan dan Konseling sebagai Upaya Pengembangan Karakter Generasi Muda Indonesia”, seminar nasional bimbingan dan konseling tersebut setidaknya dihadiri oleh 250 orang akademisi dan praktisi bimbingan dan konseling tanah air.

Penyuluhan dan Sosialisasi terkait Korupsi oleh KPK RI

Penyuluhan dan sosialisasi terkait korupsi oleh KPK yang diselenggarakan pada tanggal Selasa, 29 November 2016 dapat terlaksana baik dan sukses. Penyuluhan dan sosialisasi tersebut merupakan program rutin dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilakukan di universitas-universitas Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu tempat terselengaranya penyuluhan dan sosialisasi KPK dimana kegiatan sosialisasi dan penyuluhan KPK yang dilaksanakan di aula gedung Pascasarjana berjalan dengan lancar.