May 2016

Balanced Scorecard Untuk Peningkatan Kualitas Kinerja SMK

Usia masih muda, baru 28 tahun, tetapi sudah meraih gelar doktor. Adalah Apri Winge Adindo, M.Pd. Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan (MP) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tersebut berhasil dinobatkan sebagai doktor kedua pada prodi MP.

Gadis alumni Universitas Haluoleo Kendari ini lulus pendidikan doktoralnya setelah mempertahankan hasil penelitiannya yang berjudul “Pengembangan Model Balanced Scorecard untuk Pendidikan SMK”.

Model Evaluasi Untuk Peningkatan Kualitas Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Madrasah Ibtidaiyah merupakan sekolah jenjang dasar yang dikelola oleh Kementerian Agama. Dibandingkan dengan sekolah dasar yang dikelola oleh Kemendikbud, sekolah ini masih dipandang sebagai “second class” oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini disebabkan disinyalir masih rendahnya kualitas output yang dihasilkan.

Pemberdayaan Madrasah Berbasis Modal Sosial di LP Ma’arif Ponorogo

Di Indonesia selain terdapat sistem persekolahan yang dikelola di bawah naungan Kemendikbud, juga terdapat lembaga pendidikan formal yang dikelola oleh Kemenag yang kita kenal dengan madrasah. Madrasah sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional mempunyai peran strategis dalam rangka mewujudkan cita-cita pendidikan nasional, terlebih ketika praksis pendidikan di Indonesia dihadapkan pada persoalan adanya mutu pendidikan yang beragam dan tidak merata.

STUDI KOMPARASI SEKOLAH MULTIKURIKULUM DI BALI

Dalam rangka pengembangan kompetensi yang didukung oleh Pascasarjana UNY, 24 mahasiswa Kelas A Prodi Pendidikan Dasar melakukan studi lab ke sekolah yang menerapkan kurikulum gabungan di Pulau Dewata, Bali pada Selasa dan Rabu, 19 - 20 April 2016. Rombongan yang dibimbing oleh Prof. Dr. Suhardi, dosen Bahasa Indonesia di UNY ini melakukan kunjungan ke Pelangi School dan Dyatmika School yang memiliki beberapa kesamaan sejarah, program, desain sekolah, dan pengembangan kurikulum.

Membumikan Ilmu Sosial Indonesia

Ilmu sosial bukanlah dominasi Barat. Ilmu sosial juga banyak ditelorkan oleh tokoh nasional. Hal itu setidaknya muncul dalam diskusi dan bedah buku Revolusi Sosial di Brebes karya Dr. Aman dan Teori-teori Sosial Indonesia karya Profesor Ajat Sudrajat, dkk. Diskusi dan bedah buku yang digelar di Ruang Sidang Utama Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta dihadiri oleh Hj. Idza Priyanti., SE (Bupati Brebes), Dr. Syamsul Maarif (Ketua Lembaga Pendidikan Maarif NU Brebes) dan Dr. Dwi Siswoyo (Ketua Jurusan Program S3 Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta).

Model Asesmen Diri Untuk Kesadaran Sejarah (Momendikejar)

“Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah atau disingkat "Jasmerah" adalah semboyan terkenal yang diucapkan oleh Soekarno, dalam pidatonya yang terakhir pada HUT RI, 17 Agustus 1966”. Itulah kalimat pembuka yang disampaikan Aisiah, M.Pd. dalam presentasi Ujian Terbuka Promosi Doktor Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta pada hari Rabu, 27 April 2016.

Pages