April 2016

Model Asesmen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SMA

Prestasi peserta didik di Indonesia berdasarkan beberapa survei Internasional menunjukkan hasil rata-rata masih rendah. Hasil analisis terhadap UN SMA dari 2009 – 2011 sebagian besar peserta UN mengalami masalah pada soal-soal yang menuntut kemampuan berpikir analisis. Selain itu, kajian hasil SNMPTN 2012 menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik kesulitan pada soal IPA terpadu yang membutuhkan kemampuan berpikir dan analisis tinggi. Sejalan dengan itu, kondisi guru di Indonesia juga masih memprihatinkan, dengan rendahnya hasil uji kompetensi guru.

KMP UNY BERBUDAYA

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (BEM FBS) UNY menjalin tali siraturahmi dengan Keluarga Mahasiswa Pascasarja (KMP) UNY. Silaturahmi ini dilaksanakan di Aula PPs UNY Lantai 3 Gedung Baru (8/04/2016). BEM FBS yang diketuai oleh Yopi Novanda disambut langsung oleh ketua KMP UNY Mahfuzi Irwan S. Pd bersama dengan anggota KMP.

Seleksi Mandiri Program Pascasarjana Gelombang 2

Delapan ratus empat belas peserta mengikuti seleksi mandiri ujian tulis masuk Pascasarjana UNY Gelombang II pada Minggu 10 April 2016. Ujian dilaksanakan di Gedung Pascasarjana dan FMIPA UNY sejak pukul 07.30 hingga 12.05 WIB dan diikuti oleh 769 orang untuk program S2 dan 45 orang program S3. Dalam kesempatan ini Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, MPd., MA didampingi Wakil Rektor I Wardan Suyanto, Ed.D dan Wakil Rektor IV Dr.rer.nat Senam berkenan memonitor pelaksanaan ujian tersebut di Gedung Pascasarjana UNY. Sedangkan Wakil Rektor III Prof. Dr.

Sekolah Alam Bandung: Pendidikan untuk Manusia Paripurna

Dari Rumah Kreatif Wadas Kelir di Desa Karanglesem Purwokerto Selatan, pasukan mahasiswa S3 IP PSD bergerak menuju Bandung melalui jalur Majalengka dibawah kendali sopir terlatih Mas Hendra Nata Travel. Perjalanan panjang ini membuahkan inspirasi mengembirakan ketika rombongan tiba di Sekolah Alam yang asri dan sejuk pkl. 09.00 WIB. Baharudin, Wahid Ibnu Zaman dan Asis Khunafi bersama pendamping menemui management Sekolah Alam menyampaikan tujuan kunjungan.

Inspirasi dari Rumah Kreatif Wadas Kelir Karanglesem Purwokerto

Bulan Desember  2015, Dr. Sumiarti, M.Ag sebelum sidang terbuka disertasinya tampil di hadapan mahasiswa S3 IP PSD memaparkan topik menarik tentang Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto. Presentasi ini memunculkan ide untuk melakukan study lab ke Rumah Kreatif Wadas Kelir (RKWK). Rencana tersebut sempat tertunda tetapi alhamdulilah bisa terealisir pada Kamis, 31 Maret 2016 berkat kerja sama team Sri Sukasih dan Alfi Laila. Bersama pendamping sekaligus sekretaris prodi Dr.

Tingkatkan Kualitas Pertanian Serut, KMP UNY Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Lahan pertanian yang luas dan sebagian besar warga yang memiliki hewan ternak, melatarbelakangi Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY untuk melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik bagi warga Desa Serut Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Pelatihan ini dilaksanakan pada Minggu (27/3/2016) di Balai Desa Serut

Pages