December 2015

Prodi S2 PEP PPs UNY Semakin Lama Semakin Berkembang

Di penghujung tahun 2015 ini, kegiatan visitasi masih terus diadakan oleh BAN-PT. Pada kesempatan ini masih singgah ke Program Pascasarjana UNY. Pada hari Senin, 21 Desember 2015, Tim Asesor melakukan verifikasi terhadap borang akreditasi untuk prodi S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP). Visitasi kali ini dilakukan oleh 2 orang asessor, yaitu: Prof. Dr. Sutjipto dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Dr. R. Mursid, S.T., M.Pd. dari Universitas Negeri Medan (Unimed).

UPGRADING DAN TEMU PISAH PENGURUS KMP UNY

Selepas sukses menggelar Mubes III dan pemilihan ketua KMP UNY 2016, Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan kegiatan upgrading dan temu pisah pengurus KMP UNY yang dilaksanakan hari Sabtu, 26-27 Desember 2015 di tiga kabupaten yakni Wonosobo, Temanggung dan Kendal Jawa Tengah. Ketua pelaksana  kegiatan yang juga wakil ketua KMP UNY 2015 saudara Didik Kurniawan, S.Pd.

Meningkatkan Kualitas Prodi Psikologi melalui Visitasi BAN PT

Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, semakin membuktikan keseriusannya dalam meningkatkan kualitasnya. Hal ini tercermin dengan divisitasinya program studi Magister (S2) Psikologi pada hari Selasa, 15 Desember 2015. Dalam kegiatan tersebut, BAN PT mengutus tim asesor yang kompeten dalam bidang Psikologi yaitu Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd.Kons. dan Dr. Dra. Nanik Prihartanti, M.Si.

PRODI S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA PPS UNY BERHASIL RAIH STATUS UNGGUL

Program Studi Magister (S2) Pendidikan Matematika (PMat) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih predikat unggul dengan meraih akreditasi “A” berdasarkan SK BAN PT No. 1152/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2015. Predikat ini berlaku hingga lima tahun ke depan yaitu hingga 2020.

RINGKASAN LPJ PENGURUS KMP UNY 2015

Segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, shalawat dan salam kepada manusia teladan sepanjang masa Nabi Muhammad SAW. Laporan Pertanggungjawaban merupakan kewajiban terakhir kami sebagai Pengurus KMP UNY 2015. Secara umum yang perlu kami laporkan berkaitan dengan Program Kerja yang direncanakan, kemudian yang terlaksana dan yang tidak terlaksana. Selanjutnya laporan keuangan yang kami serap dari Pascasarjana dan kami belanjakan untuk membiayai semua program kerja selama satu tahun kepengurusan.

Pengembangan Model Paradigma Pendidikan Agama Konfensional dalam Masyarakat Plural

Indonesia merupakan negara yang multiagama dan etnis serta budaya, sehingga menjadi negara yang kuat. Tetapi tidak menutup kemungkinan kondisi tersebut menjadi trigger munculnya anarkisme yang disebabkan perbedaan pandangan dan praktik pendidikan khususnya pendidikan agama.

MAHFUZI IRWAN KETUA KMP UNY 2016

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) menggelar Musyawarah Besar III KMP UNY yang diselenggarakan Sabtu, 19 Desember 2015. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00-20.00 WIB bertempat di Ruang Aula L.3 Gedung Baru Pascasarjana UNY. Kegiatan musyawarah besar dihadiri oleh pengurus dan peserta magang KMP UNY 2015, undangan mahasiswa delegasi program studi berjumlah 112 mahasiswa PPs UNY.

BERSATU KITA TEGUH, BERBUDAYA KITA UTUH

Sabtu, 28 November 2015 bertempat di ruang seminar FMIPA UNY, Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) KMP UNY mengadakan kegiatan Kongkow Budaya dengan tagline Bersatu Kita Teguh, Berbudaya Kita Utuh. Acara Kongkow Budaya merupakan serangkaian dari acara Semarak Mahakarya Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) 2015 dimeriahkan oleh tari Saman dan perwakilan mahasiswa PPs UNY yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka menyanyikan lagu daerah secara bergantian dan membacakan puisi dengan bahasa daerah masing-masing.

SERAP ASPIRASI MAHASISWA, KMP UNY GELAR SARDOMA

Sharing Dosen Mahasiswa (Sardoma) merupakan salah satu rangkaian kegiatan  Semarak Mahakarya KMP 2015 yang digagas oleh pengurus dan pemagang Bidang Humas dan Media. Kegiatan tersebut mengusung tema more heads are better than one, dilaksanakan pada hari Kamis, 20 November 2015 bertempat di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta dihadiri oleh para birokrat PPs UNY dari direktur sampai ke ketua-ketua program studi di lingkungan PPs UNY.

TALKSHOW FUTURE EDUCATION

TS Future Eudation

Pada hari Sabtu tanggal 28 November 2015, Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY telah menyelenggarakan acara Talkshow Future Education pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Acara ini dipandu oleh Lalu Nasrulloh S.Pd dan Besti Usmafidini, S.Pd. Acara yang mengangkat tema “Menyingkap Pendidikan Indonesia Kini dan Nanti” ini dilaksanakan di ruang seminar FMIPA UNY dengan menghadirkan 6 pembicara yang kompeten dalam bidangnya. Adapun pembicara tersebut adalah Dr. Suroso, M.Th dari UNY, Dr. Hj. Akif Khilmiyah M.Ag. dari UMY, Dr.

Pages