May 2015

Riset Holistik Mahasiswa S3 IP-PSD ke Surakarta

Kajian Multi Disiplin Sekolah Dasar adalah sebuah persepektif holistik dalam mengembangkan kompetensi keahlian para calon doktor S3 Ilmu Pendidikan Konsentrasi Pendidikan Sekolah Dasar (IP-PSD). Melalui pendampingan Prof. Pardjono, Ph.D sebagai dosen pengampu mata kuliah Kajian Multi Disiplin Sekolah Dasar, para mahasiswa PSD angkatan pertama 2014/2015 dibimbing dalam kajian teoretis dan praktis melalui mimbar kuliah dan riset lapangan secara holistik.

KMP UNY Galang Donasi Kemanusiaan Untuk Korban Gempa Nepal

Sebagai bentuk kepedulian antar sesama manusia, Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) melakukan pengumpulan donasi kemanusiaan untuk korban gempa Nepal. Pengumpulan dana dilakukan selama 5 hari, dari tanggal 4-8 Mei 2015. Dana yang terkumpul sejumlah Rp. 1.205.800 (Satu juta dua ratus lima ribu delapan ratus rupiah).

Diseminasi Hasil Studi Laboratorium Mahasiswa Dikdas Angkatan 2014

Mahasiswa Dikdas PPs UNY Angkatan 2014 telah melaksanakan kunjungan studi laboratorium ke beberapa tempat. Kelompok pertama, Dikdas Kelas A mengadakan studi lab. ke SD Green School di Gamping Sleman pada Senin, 23 Februari 2015 dan ke SD Islam Bani Hasyim, Malang pada hari Rabu, 25 Februari 2015. Dengan pendampingan Prof. Dr. Suhardi, para mahasiswa mendapatkan inrfomasi dan fakta proses pembelajaran yang berjalan di kedua sekolah tersebut.

Melihat Peluang Melalui Studi Lapangan

Mahasiswa Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana UNY (TP PPs UNY) angkatan 2014 pada 6-9 Mei 2015 telah menyelenggarakan studi lapangan. Mahasiswa dari dua kelas yang didampingi oleh Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. dan Dr. Ali Muhtadi mengunjungi Rumah Perubahan di Bekasi, SEAMOLEC di Tangerang Selatan, dan Intel Indonesia Corp di Jakarta Pusat.

Study Lapangan Program Pendidikan Dasar Konsentrasi IPS

Jum’at 22 Mei 2015, semangat study lapangan terpancar dari sembilan wajah mahasiswa Pascasarjana Prodi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPS saat menunggu keberangkatan rombongan menuju beberapa objek tujuan, diantaranya Gunung Api Purba, Embung Langgeran, Hutan Wanagama di Gunung kidul, Goa Gong, dan Pantai Klayar di Pacitan. Study lab ini berangkat dari halaman gedung Pascasarjana pukul 07.30 WIB.

KMP UNY Bangun Sinergi dengan Forum WACANA IPB

Dalam rangka merealisasikan visi, misi dan program kerja guna membangun sinergi antar sesama lembaga mahasiswa pasca, Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) menyambut kunjungan tamu dari Forum Mahasiswa Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (Forum Wacana IPB) yang sekaligus sebagai Koordinator Forum Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (FMPI), Sabtu, 16 Mei 2015.

STUDI BANDING PROGRAM STUDI KEGURUAN IPA FKIP UNILA KE PRODI PIPA PPs. UNY

Pada hari Selasa, 19 Mei 2015 di Aula Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, sejumlah 32 mahasiswa program studi Keguruan IPA FKIP Universitas Negeri Lampung yang didampingi Wakil Dekan I bidang Akademik Dr. Abdulrrahman, M.Si. serta Ketua Prodi Dr. Tri Jalmo, M.Si. mengadakan studi banding ke prodi PIPA yang diterima oleh Kaprodi Pendidikan IPA PPs. UNY.

Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Suka, Raih Doktor Pendidikan di UNY

Anis Masruri, S.Ag., S.I.P., M.Si., dosen Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka) berhasil mempertahankan disertasinya.  Pengembangan Kompetensi Pustakawan dan Pendidikan Berkelanjutan pada Perguruan Tinggi Agama Islam: Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta  adalah judul yang dituangkan dalam tugas akhir untuk penyelesaian program doktoralnya di Program Pascasarjana UNY.

PRODI PIPS S2 PPs UNY KUNJUNGI MALAYA UNIVERSITY KUALA LUMPUR

Mahasiswa S2 Pendiidkan Ilmu Pengetahuan Sosial PPs UNY angkatan 2013 pada tanggal 20-22 Januari 2015 melakukan studi banding dan studi observasi ke Malaya University di Malaysia.  Mahasiswa yang berjumlah 15 orang dengan ketua rombongan FX. Agus Hariyanto, didampingi 2 dosen  PPs UNY yaitu Dr. Taat Wulandari dan Dr.

Pages