May 2013

Bebas Memilih Pendidikan di New Zealand

Jumat 17 Mei 2013, PPs UNY kembali mengadakan kuliah tamu dengan pembicara Dr. John Hope dari The University of Auckland, New Zealand (NZ). Dr. Hope, yang juga merupakan Wakil Dekan urusan Program Internasional di Fakultas Pendidikan UoA, memaparkan secara komprehensif mengenai sistem pendidikan di NZ, mulai dari level dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi.

Kunjungan dan Kerjasama Antara Prodi TP PPs UNY dengan MMTC

Pada hari Rabu 24 April 2013 pukul 09.00 WIB Prodi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana UNY angkatan 2012 mengadakan kunjungan ke MMTC Yogyakarta. Acara  ini didatangi oleh mahasiswa TP PPs UNY angkatan 2012, Kaprodi TP PPs UNY Bpk Herman Dwi Surjono, Ph.D. dan Sekprodi Bpk Dr. Ali Muhtadi. Kunjungan ini disambut oleh pejabat di lingkungan MMTC Yogyakarta.

Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Perspektif Modal Sosial

Pemerintah dan komunitas profesional seharusnya memiliki tanggungjawab untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa bagi segenap lapisan sosial. Dalam konteks desentralisasi pendidikan, bagi daerah yang memiliki sumberdaya (modal) terbatas, seharusnya dapat menggunakan modal sosial budaya yang melekat dalam kehidupan individu dan komunitas guru untuk meningkatkan kompetensi guru dalam rangka membangun pendidikan berkualitas sesuai dengan harapan masyarakat dan tuntutan undang-undang. Demikian paparan Dr.

Dr. Widiyarti Kembangkan Model Manajemen Mutu Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kinerja Sumber Daya Manusia

Manajemen abad 21 adalah metode pendidikan yang berusaha mengantisipasi perubahan dunia industri yang otomatik, multi disipliner, terampil, dan daya juang serta prinsip efektif dan efisien, etos kerja, mengenalkan kehidupan masyarakat industrial, melatih ketahanan mental dan moral, sebagai elemen dalam manajemen pendidikan dan pengajaran. SMK yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan siap latih atau siap kerja maka metode pembelajaran problem based learning, collaborative learning, project based learning, dan link and match.