February 2013

Dr. Iin Nurbudiyani Terapkan Model Kwo-Kop di SMK

PPs UNY kembali meluluskan seorang Doktor dari Prodi S3 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) dalam Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Jumat (22/02/2013) di Aula PPs UNY. Dr. Iin Nurbudiyani berhasil meraih gelar Doktor ke-161 di PPs UNY dan Doktor ke-42 di Prodi PTK dengan disertasi yang berjudul “Model Pembelajaran Kewirausahaan dengan Media Koperasi Sekolah di SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen Kota Palangkaraya” dengan hasil Sangat Memuaskan.

Yudisium PPs UNY periode Februari 2013: "Jangan Menunda-nunda Untuk Berprestasi"

Sebanyak 20 calon magister pendidikan dan 2 calon doktor memasuki ruang Aula Program Pascasarjana UNY pada Jumat, 22 Februari 2013 untuk menghadiri upacara Yudisium Periode Februari 2013.  Jumlah peserta yudisium yang memenuhi persyaratan akademik dan administratif sebanyak 22 orang. Terdapat 4 mahasiswa/i dengan predikat cumlaude yaitu  1 mahasiswa dari prodi PTK, 2 mahasiswi dari prodi MP, 1 mahasiswi dari prodi LT.

Ajang Silaturahmi dan Penyegaran melalui Memancing

Minggu pagi (17/2/2013) mendung tipis menyelimuti langit kota Jogja. Akan tetapi tidak ada hujan dan juga tidak panas sehingga cuaca sangat mendukung untuk melaksanakan kegiatan seperti yang dilakukan keluarga besar Program Pascasarjana UNY dengan mengadakan forum silaturahmi yang bertempat di Pemancingan Sendang Kumitir, Desa Wisata Kembang Arum, Turi, Sleman. Lokasi pemancingan berada di kawasan yang sejuk dan diikelilingi oleh kebun salak serta pohon durian yang semua buahnya sedang masak.

Dr. Utsman Kembangkan Instrumen Asesmen Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak

Usia dini adalah the golden age, sehingga pada usia tersebut dianggap sebagai usia penentu perkembangan usia berikutnya. Para guru TK dalam hal ini harus profesional dan mampu melihat potensi setiap anak didiknya. Fakta yang ditemukan di lapangan menunjukkan bahwa banyak praktek pembelajaran yang dilakukan guru tidak profesional yang mengakibatkan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini tidak efektif.

Transfer of Knowledge dan Transfer of Culture melalui Studi Banding

Prodi Linguistik Terapan (LT) PPs UNY kembali menerima kunjungan studi banding yang kali ini dari Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR). Rombongan pimpinan universitas, dosen, dan mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Inggris UMPAR diterima langsung oleh Kaprodi dan Sekprodi LT serta Asdir I PPs UNY pada Selasa (5/2) di Aula PPs UNY. Asdir I PPs UNY, Prof. Pardjono, Ph.D. menyampaikan rasa terima kasih kepada dosen dan mahasiswa UMPAR yang berkenan datang dari Parepare untuk mengunjungi PPs UNY khususnya Prodi LT. Paparan umum tentang PPs UNY juga disampaikannya.

Prodi PEP adakan “PEP English Speaking Club”

Terdorong akan pentingnya kemampuan bahasa Inggris dalam dunia pendidikan, prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PPs UNY mengadakan PEP English Speaking Club. PEP English Speaking Club merupakan forum diskusi dengan menggunakan bahasa Inggris bagi pengelola prodi PEP yang dilaksanakan dwi mingguan.  Topik-topik yang didiskusikan adalah isu-isu di dunia pendidikan khususnya evaluasi pendidikan. Nara sumber kegiatan ini adalah dosen-dosen prodi PEP.

Pisah Sambut Kaprodi MP Pascasarjana UNY

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan pisah sambut  Kaprodi MP, karyawan yang dimutasi serta beberapa koordinator baru di lingkungan PPs. Acara ini berlangsung di Mataram Indah Resto, pada hari Selasa (5/02). Acara ini dihadiri oleh civitas akademika di lingkungan PPs UNY meliputi Direktur, Asisten Direktur, Kaprodi,  Sekprodi, Dosen, dan karyawan PPs UNY.

Pages