January 2013

Mahasiswa PPs UNY Ikuti The Ship for Southeast Asian Youth Programme 2012 (SSEAYP)

The Ship for Southeast Asian Youth Programme 2012 (SSEAYP) adalah program tahunan yang disponsori oleh pemerintah Jepang dan negara-negara ASEAN. Program tersebut diikuti oleh lebih dari 300 pemuda-pemudi dari negara-negara ASEAN dan Jepang. Dalam program tersebut para pemuda-pemudi memiliki kesempatan untuk tinggal bersama di kapal Nippon Maru selama lebih dari 40 hari.

Uji Kompetensi Guru (UKG) di Pearson, USA

Dua dosen PPs UNY mendapat kesempatan mengikuti studi visit untuk mendalami uji kompetensi dan Penilaian Kinerja guru dalam pengembangan profesionalisme guru ke Pearson New York, USA. Kegiatan tersebut digagas oleh Kementerian Pendiidkan dan Kebudayaan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penjaminan Mutu Pendidikan dengan kerjasama dan dukungan dari Bank Dunia. Kesempatan yang diberikan kepada Prof. Dr. Badrun Kartowagiran dan Dr. Heri Retnawati tersebut karena keduanya merupakan anggota Pengembangan Bank Soal UKG.

PPs UNY Jalin Kerjasama Peningkatan Kualifikasi Akademik dengan Dinas Pendidikan Pemkot Yogyakarta

PPs UNY kembali menjalin kerjasama dalam bidang peningkatan kualifikasi S1 ke S2 bagi guru SD, SMP, SMA, dan SMK di lingkungan Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Yogyakarta. Kerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemkot Yogyakarta tersebut dilatar belakangi oleh keinginan para guru untuk studi lanjut dan meningkatkan profesionalisme mereka.

Dr. Rochmiyati Kembangkan Model Peer Assessment pada Pembelajaran IPS Terpadu di Sekolah Menengah Pertama

Mata pelajaran IPS Terpadu merupakan gabungan mata pelajaran Ekonomi, Sejarah, Sosiologi, dan Geografi. Kebijakan penggabungan tersebut akan mempengaruhi implementasi pembelajaran dengan kaidah-kaidah pembelajaran terpadu. Hal tersebut menimbulkan masalah bagi guru karena guru SMP adalah lulusan LPTK yang berlatar belakang kompetensi pendidik profesional untuk satu mata pelajaran. Dalam hal ini, guru memerlukan perangkat assessment pada pembelajaran IPS Terpadu untuk dua kecakapan mendasar yaitu kecakapan kognitif dan kecakapan sosial.

Perkembangan Pendidikan Prasekolah di Malaysia

.PPs UNY semakin melebarkan sayap kerjasama dengan lembaga atau universitas di luar negeri. Salah satunya dengan mengundang pakar untuk mengisi kuliah umum di Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) PPs UNY. Hadir sebagai narasumber yaitu Associate Prof. Dr. Mariani dari University of Malaya, Malaysia. Asisten Direktur I PPs UNY, Prof. Pardjono, Ph.D.

Mahasiswa Prodi Pendidikan Sains Program Pascasarjana UNS Kunjungi Prodi Pendidikan Sains Program Pascasarjana UNY

.Prodi Pendidikan Sains Program Pascasarjana UNY menerima kunjungan dari Mahasiswa prodi PSn PPs UNS pada Jumat (11/01). Rombongan terdiri dari 26 mahasiswa dan didampingi oleh 1 orang dosen diterima langsung oleh Sekretaris Prodi PSn, Dr. Insih Wilujeng dan perwakilan mahasiswa PSn PPs UNY di R. Sidang Gedung Utara PPs UNY. Dr. Insih menyampaikan selamat datang kepada para rombongan dan beliau juga memaparkan tentang kurikulum dan konsentrasi minat yang ada di Prodi PSn PPs UNY.

Doktor ke-41 Prodi PTK PPs UNY Teliti Pengembangan Model Pembelajaran Teknik Draping Berbantuan Video

Penelitian ini lebih fokus pada pengembangan model pembelajaran yang lebih komprehensif sebagai salah satu bentuk inovasi pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas perkuliahan maupun kompetensi mahasiswa di bidang pembuatan pola busana yang menggunakan teknik draping. Model perkuliahan tersebut adalah Model Pembelajaran Teknik Draping Berbantuan Video (Model-PTDBV).

Pages