Peningkatan Layanan Profesional Guru Dalam Menangani Proses Pembelajaran

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengubah perilaku mengajar guru, perilaku peserta didik di kelas, peningkatan atau perbaikan praktik pembelajaran, dan atau mengubah kerangka kerja melaksanakan pembelajaran kelas yang diajar oleh guru tersebut sehingga terjadi peningkatan layanan profesional guru dalam menangani proses pembelajaran, buka Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd. dalam Webinar yang diikuti oleh Praktisi Pendidikan, Guru, Dosen dan masyarakat umum. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini dibuka oleh Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. dengan materi Pengenalan Kampus Pascasarjana UNY.

Lebih lanjut Sugiyono menjelaskan bahwa Penelitian Tindakan Kelas adalah bentuk penelitian yang terjadi di dalam kelas berupa tindakan tertentu yang dilakukan untuk memperbaiki proses belajar mengajar guna meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Penelitian tindakan kelas dapat dipakai sebagai implementasi berbagai program yang ada di sekolah, dengan mengkaji berbagai indikator keberhasilan proses dan hasil pembelajaran yang terjadi pada siswa atau keberhasilan proses dan hasil implementasi berbagai program sekolah.

Karakteristik utama penelitian tindakan kelas adalah adanya partisipasi dan kolaborasi antara peneliti dengan anggota kelompok sasaran. Penelitian tindakan kelas harus menunjukkan adanya perubahan ke arah perbaikan dan peningkatan secara positif. “Apabila dengan tindakan justru membawa kelemahan, penurunan atau perubahan negatif, berarti hal tersebut tidak sesuai dengan karakter penelitian tindakan kelas” tutup Sugiyono dalam pemaparannya. (ant)

.