Visitasi Prodi Pendidikan Fisika: Optimalisasi SDM Yang Dimiliki

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kembali melaksanakan visitasi akeditasi pada Program Studi Magister Pendidikan Fisika. Visitasi ini berlangsung selama dua hari yakni pada Rabu – Kamis, 25-26 November 2015 di kampus Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Kali ini, BAN-PT mengamanahkan Prof. Drs. Motlan, M.Sc., Ph.D. dari UNIMED dan Dr.Ing. Cuk Imawan, M.Si. dari UNJ untuk bertindak sebagai Tim Asesor Visitasi tersebut. Keduanya tiba di UNY pada Kamis siang dan langsung disambut hangat oleh seluruh civitas akademika PPs UNY, khususnya Prodi Pend. Fisika.

Prof. Drs. Motlan, M.Sc., Ph.D. yang mewakili Tim Asesor untuk memberikan sambutan pada acara ramah tamah penyambutan tamu, menyampaikan bahwa pada proses asesmen lapangan ini, akan mencocokkan apa yang telah ditulis dalam laporan borang dengan apa yang ada di lapangan.

“Adapun apabila terjadi ketidaksesuaian antara laporan borang dengan realitas, kemungkinan disebabkan oleh dua hal. Pertama, laporan tertulisnya ada, sedang kenyataannya tidak ada. Kemungkinan kedua adalah aktivitas nyatanya ada, namun belum dituangkan dalam laporan,” tutur Ketua Lembaga Penelitian UNIMED ini. “Kami mengharapkan kerjasama yang dilakukan oleh civitas akademika PPs UNY, khususnya Prodi Pendidikan Fisika untuk mensukseskan proses asesmen lapangan ini. Kerjasama tersebut adalah yang berlandaskan kejujuran menyampaikan informasi dan kegiatan yang belum tertuang dalam borang, juga menunjukkan dokumen bukti semua informasi tertulis dalam borang,”tambahnya.

Proses asesmen lapangan ini dimulai dengan melakukan verifikasi terhadap borang institusi/III B. Seperti biasanya ditanggapi oleh pimpinan PPs UNY mulai dari Direktur, Asdir I, Asdir II, dan Tim Penjaminan Mutu. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan verifikasi terhadap borang program studi. Pencermatan borang IIIA ditanggapi oleh kaprodi, Dr. Heru Kuswanto, M.Si. didampingi oleh beberapa dosen prodi seperti Prof. Dr. Jumadi, Dr. Ariswan, Dr. Edi Istiyono, Dr. Dadan Rosana, Dr. Supahar, dan Suparno, M.App.Sc., Ph.D.

Selanjutnya pada kesempatan itu pula Tim Asesor berdialog dengan mahasiswa dan alumni prodi. Testimoni tentang suasana akademik, sarana prasarana perkuliahan, dan kurikulum disampaikan secara terbuka tanpa pengaruh dari dosen dan pengelola.

Pada akhir visitasi, setelah penandatanganan berita acara, tim asesor ramah tamah dengan pengelola prodi dan pimpinan PPs UNY. Beberapa masukan disampaikan untuk kemajuan prodi antara lain optimalisasi tenaga pengajar yang semuanya sudah berpendidikan S3. Selain itu, sebagai prodi baru tentunya sudah maksimal informasi yang tertuang dalam borang. Ke depan prodi perlu menuangkan keterkaitan antara Pendidikan dan Fisika dalam kurikulum. (Rubiman).