VISITASI INTERNAL UNTUK MEMATANGKAN PERSIAPAN FIELD ASSESSMENT BAN-PT

Akreditasi merupakan pengakuan/jaminan mutu  dan kelayakan sebuah institusi yang dilakukan oleh organisasi atau badan yang independent di luar perguruan tinggi, seperti BAN-PT. Kegiatan ini merupakan rutinitas yang dilakukan oleh sebuah institusi baik perguruan tinggi maupun program studi secara periodik. Setiap lima tahun sekali, institusi yang ingin mempertahankan pengakuan tersebut harus mengajukan re-akreditasi, yang tentunya memerlukan banyak data dan informasi yang disusun dalam sebuah borang akreditasi.

Walaupun merupakan kegiatan yang rutin, akreditasi membutuhkan konsentrasi dan kesungguhan untuk dapat menuangkan data dan informasi ke dalam sebuah borang akreditasi. Selanjutnya borang tersebut akan diverifikasi oleh lembaga seperti BAN-PT yang disertai dengan dokumen/bukti fisik terkait, yang biasanya dilakukan dalam field assessment atau visitasi. Kegiatan seperti ini memerlukan persiapan yang matang agar dapat memperoleh nilai yang maksimal.

Untuk menghadapi visitasi BAN-PT, bidang I Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan sebuah terobosan yaitu visitasi internal atau bisa dikatakan simulasi visitasi. Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A., mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menilai sejauh mana kesiapan prodi dalam menanggapi kunjungan resmi asesor BAN-PT. Selain itu, melalui simulasi ini diharapkan mampu mengetahui hal atau dokumen yang belum ada, sehingga masih memiliki waktu untuk menutupi kekurangan tersebut. “Melalui simulasi ini, kami berharap prodi bisa mematangkan persiapan visitasi yang sebenarnya, seperti kelengkapan dokumen fisik yang menjadi lampiran borang dan sejenisnya. Kaprodi dan mahasiswa juga bisa mempersiapkan diri untuk menanggapi pertanyaan dan permintaan asesor, “ungkap Wakil Rektor I UNY ini.

Program Pascasarjana UNY telah mengadakan visitasi internal terhadap dua (2) prodi yang telah mengajukan re-akreditasi. Simulasi visitasi untuk Prodi S3 Ilmu Pendidikan (IP) dilaksanakan pada Kamis (6/7) lalu, yang melibatkan asesor Prof. Dr. Djukri dan Dr. Muh. Nur Wangid. Selanjutnya untuk prodi S-2 Psikologi dinilai oleh Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo dan Dr. Suwarjo (11/7).

Terlepas dari kedekatan emosional dan sesama dosen UNY, para asesor yang dimiliki UNY tersebut memberikan penilaian secara profesional bak visitasi yang sesungguhnya. Setiap standar dalam borang dicermati oleh asesor disertai dengan permintaan bukti fisik terkait yang harus ditunjukkan oleh pengelola prodi. Hasil akhir dari simulasi ini berupa perkiraan score, masukan, dan dokumen serta hal lainnya yang perlu dipersiapkan prodi untuk menghadapi visitasi BAN-PT nantinya. (Rubiman).

.