Visitasi Akreditasi Prodi PLB : Verifikasi Data di Lapangan

Di awal bulan Ramadhan kali ini, prodi Magister Pendidikan Luar Biasa (PLB) Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta ( PLB - PPs UNY), divisitasi dari BAN-PT, sejak 9-11 Juni 2016. Asesor yang diturunkan melakukan visitasi yakni Prof. Sunardi, M.Sc., Ph.D. dan Dr. Dedy Kurniadi, M.Pd.

Kedua asesor itu diterima langsung oleh pimpinan UNY dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor  I, Bapak Wardan Suyanto, Ed.D. bersamaan dengan ramah tamah buka bersama. Hadir dalam pertemuan tersebut mulai dari Direktur PPs, As. Dir. II, Tim Penjaminan Mutu, Bag. Informasi UNY, kaprodi, dan beberapa dosen PLB.

WR I mewakili tuan rumah mengucapkan selamat datang dan selamat menjalankan ibadah puasa di Yogyakarta. “Kami kira bapak berdua sudah tahu banyak tentang UNY, terutama Pak Dedy yang berkali – kali berkunjung dan belum lama ini visitasi di sini, “jelas Wardan.

Kehadiran kedua asesor pada kegiatan visitasi ini akan melakukan verifikasi, membandingkan informasi yang tertuang dalam borang dengan realita di lapangan. “Barangkali yang tertuang dalam borang masih terbatas, dan kemungkinan terdapat banyak data terbaru yang belum  dimasukkan, maka kami akan berusaha mengakomodasi hal itu, “demikian disampaikan Prof. Sunardi, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya.

Kegiatan assessment secara resmi dilaksanakan sehari penuh pada Jumat, 10 Juni 2016, yang dimulai dengan pencermatan borang program studi. Kepada kedua asesor, kaprodi, Dr. Ishartiwi, M.Pd. mengemukakan bahwa dalam menyusun visi misinya melibatkan kepala sekolah SLB dan sekolah inklusif, Kepala Seksi bidang pendidikan khusus dinas pendidikan propinsi dan kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. “Masukan terutama tentang kebutuhan tenaga ahli bidang pendidikan khusus, profil dan kompetensi lulusan program studi yang dapat dihasilkan oleh program studi PLB S2, “tegasnya.

Hal-hal lain yang dicermati bersama dalam borang prodi adalah yang berkaitan dengan sistem informasi yang dikembangkan UNY untuk memberikan pelayanan akademik kepada mahasiswa dan dosen. Selain itu, jurnal, kurikulum, penyediaan fasilitas, sarana prasarana seperti ruang kuliah, ruang diskusi, dan ruang dosen juga tak luput dari penilaian asesor.

Sementara itu, untuk penilaian borang institusi/pascasarjana ditanggapi oleh Direktur, Asdir I, Asdir II, dan Tim Penjaminan Mutu PPs. Kedua asesor juga menyempatkan diri bercengkerama dengan mahasiswa, yang dua di antaranya merupakan penyandang tuna netra. Secara umum proses penilaian berjalan dengan lancar, kedua pihak, dari tim asesor dan prodi PLB menutup visitasi ini dengan penendatanganan berita acara dan dilanjutkan foto bersama. (Rubiman).