PRODI PENDIDIKAN SENI PASCASARJANA UNY SAMBUT TIM ASESOR SECARA DARING

“Salah satu fungsi dari adanya assesment adalah untuk meningkatkan kualitas Program studi (Prodi) yang bersangkutan dari segi apaun juga, baik dari segi pembelajaran, Sumber Daya Manusia (SDM). Sarana dan prasarana dan tentu saja nantinya agar mendapatkan nilai akreditasi maksimal agar mendapatkan pengakuan di masyarakat,” demikian ujar Suyanta selaku Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada acara webinar assesment lapangan Program S2 Prodi Pendidikan Seni.

PLT Rektor, Margana menambahkan walau masih tergolong baru namun jumlah mahasiswa peminat untk studi lanjut di prodi s2 cukup tinggi. “ Semoga dengan adanya assesment ini bapak dan ibu asesor dapat melihat secara lebih detail dan mendalam terkait prodi seni dan kedepanya kami siap membuka prodi S3 untuk Prodi Pendidikan Seni.”

Webinar yang berlangsung pada hari Senin, 19 Oktober kemarin menghadirkan tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yaitu Dr.Djuli Djatiprambudi, M.Sn., dan Dr. Nuning Yanti Damayanti, Dipl. Art.

Prodi Pendidikan Seni di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki karakteristik tersendiri dibanding universitas- universitas lainya, dan tentu saja tujuan dari berkesenian itu sendiri salah satunya untuk tetap melestarikan budaya bangsa sebagai ciri khas yang kita miliki sebagai bangsa indonesia. “ Ragam seni yang kita miliki seperti ketoprak, ludruk, tari- tarian tradisional, patung, wajib kita jaga agar tidak terjadi seperti kasus Malaysia yang mengakui bahwa Reog Ponorogo adalah tari asal negaranya.” Tambah Suyanta.

Sedangkan Pelaksana Tugas (Plt) Rektor UNY, Margana, mengucapkan terimakasih kepada tim asesor yang akan membersamai tim dari Prodi Pendidikan Seni Pascasarjana dan berharap bisa melihat serta menilai lebih dalam sehingga kedepanya bisa lebih prepare untuk menyiapkan program S3 untuk Prodi Pendidikan Seni.

Menurut Djuli Djatiprambudi, “walau tidak bisa melakukan assesment secara langsung, namun tidak menjadi suatu masalah yang berarti karena tetap dapat kami evaluasi melalui beberapa riset, beberapa kebijakan dan beberapa video- video terkait yang dimiliki Prodi.”

“UNY pun selama ini selalu menunjukkan perkembangan yang signifikan terutama dari segi pemeringkatan dan banyaknya prodi yang mendapatkan akreditasi A.” tambah Djuli. (Khairani Faizah)

 

.