Mahasiswa LT 2013 Mulai Usulkan Judul Tesis

Prodi S2 Linguistik Terapan (LT) PPs UNY yang melaksanakan pengembangan linguistik terapan menawarkan 7 konsentrasi antara lain, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Daerah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Asing, Pendidikan Bahasa dan Sastra, dan Pendidikan Seni. Untuk menghadapi semester ke-2, para mahasiswa angkatan 2013 mulai dikelompokkan berdasarkan konsentrasi yang mereka pilih karena pada semester sebelumnya para mahasiswa masih menempuh mata kuliah wajib atau mata kuliah paket.

Pada Rabu, 22 Januari 2014 pengelola prodi LT mengadakan pertemuan dengan mahasiswa angkatan 2013 dalam kegiatan pemilihan konsentrasi dan pengajuan usulan judul tesis. Kegiatan yang dipandu oleh Kaprodi S2 LT PPs UNY , Prof. Dr. Haryadi dan Sekprodi, Asruddin B. Tou, Ph.D. tersebut diikuti oleh sekitar 86 mahasiswa dari 3 kelas besar yaitu, kelas LT Kemenag, kelas P2TK dan kelas Reguler.

Menurut Sekprodi LT, pada sesi pertama dalam pemilihan konsentrasi didapatkan klasifikasi pemilihan konsentrasi. Mahasiswa LT kelas Kemenag yang berjumlah 20 orang 100% memilih konsentrasi Pendidikan Bahasa Inggris sesuai ketentuan dari Kemenag. Untuk kelas P2TK yang berjumlah 20 orang 100%  memilih Pendidikan Bahasa Indonesia juga sesuai permintaan dari P2TK. Sedangkan untuk kelas Reguler yang jumlah mahasiswanya sebanyak 95 orang sampai saat ini belum dapat disimpulkan pengelompokkan konsentrasinya.

Pada sesi kedua, mahasiswa diminta mengajukan usulan judul tesisnya sebanyak 3 judul. Ketentuan pengajuan judul tesis tersebut antara lain berisikan data mahasiswa (Nama dan NIM), usulan judul, permasalahan dan alasan rasional pemilihan judul, jenis penelitian, dan usulan pembimbing tesis.

Dari sesi pengajuan judul tesis tersebut prodi mendapatkan informasi dari kelas Kemenag sudah 100% mengajukan. Begitu juga dari kelas P2TK juga sudah 100%. Sedangkan dari kelas reguler yang mahasiswanya berjumlah banyak belum dapat diinformasikan. Pada akhirnya usulan judul tesis mahasiswa tersebut akan dibahas dalam rapat prodi untuk menentukan payung penelitian sekaligus pembimbing tesis. Kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa lebih siap untuk penyusunan tesis dan mempersingkat masa studi mereka. (Rb)