Mahasiswa KNB Nikmati Outbound dan Keindahan Goa Pindul

Pengelola Program Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta pada hari Minggu, 29 November 2015 mengadakan kegiatan outbond bagi mahasiswa KNB dan staf karyawan.

Kegiatan bertema “Meningkatkan Bahasa Indonesia dan Keakraban antar Mahasiswa Asing Program KNB dan Pengelola” ini bertempat di lokasi obyek wisata Goa Pindul, Desa Bejiharjo Gunung Kidul. Outbond menjadi agenda pertama dimulai dengan pemanasan yang di pandu oleh trainer. Selanjutnya, para peserta diajak mengikuti permainan yang melatih konsentrasi, fokus dalam berfikir, berfikir secara cepat dan tepat dan tentunya mengutamakan kerjasama dalam kelompok karena permainan ini terbagi dalam beberapa kelompok.

Dari empat macam permainan yang dilaksanakan, terlihat keakraban antar perserta outbond semua membaur menjadi satu dan semua  peserta bersedia apabila melakulan kesalahan dihukum oleh trainer outbond dengan diolesi tepung ke wajah peserta.

Setelah kegiatan permainan selesai kemudian peserta diarahkan untuk membersihkan diri di sungai dekat lokasi outbond kemudian dilanjutkan ishoma, selanjutnya setelah makan siang selesai peserta diajak menyusuri goa pindul dengan menggunakan pelampung untuk menikmati keindahan goa dan permainan air.

Sebelum acara susur goa pindul peserta diminta untuk foto bersama di depan tulisan “GOA PINDUL” Konon nama goa pindul ini berasal dari kisah perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang di utus oleh Panembahan senopati Mataram, untuk membunuh bayi laki-laki buah cinta putri panembahan senopati. Dalam perjalanannya kedua abdi itu sepakat untuk tidak membunuh sang bayi. Sementara itu sang bayi terus menangis sehingga kedua utusan itu memutuskan untuk memandikan sang bayi. Saat dimandikan “pipi” sang bayi terbentur (jawa=Kebendul) batu yang ada didalamnya. Karena peristiwa tersebut akhirnya goa itu dinamakan Goa Pindul (Pipi Kebendul)”.

Kemudian satu per satu peserta mengambil pelampung dan memasuki sungai yang ada didalam goa pindul dengan didampingi oleh pemandu. Panjang sungai yang disusuri didalam goa pindul ini jaraknya ± 450 meter, tak lupa selama didalam goa para peserta mengabadikan moment tersebut dengan berfoto bersama. (Rini Lestari)