KMP UNY Mengunjungi Rumah Yogyakarta Coin A Chance

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) melakukan kunjungan ke Yogyakarta Coin A Chance (YCAC) yang berlamat di jalan Kaliurang KM. 7 Kota Yogyakrta, Provinsi DIY pada hari Sabtu (22/01/2016). Dalam kunjungan tersebut KMP UNY diwakili oleh Anwaril Hamidy, S.Pd, Rizatmi Zikri, S.Pd, Anggota KMP Fajar Fitriani, S.pd, Andika Dirsa, S.Pd, Chairin Vita Hutamasari, S.Pd, Kandi Lintang Ndadari, S.Pd dan Arif Bulan, S.Pd.

Dalam kunjungan tersebut Anggota KMP UNY diterima langsung oleh Ketua Komunitas YCAC Ajhi Bayu Prasetyo , Koordinator Bidang Pendampingan Wuri, Koordinator Bidang Event Anjaswari dan Koordinator Bidang Finance Elok. Tujuan dari kunjungan KMP UNY ke YCAC adalah untuk mencari referensi kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan oleh YCAC.

YCAC adalah salah satu komunitas kemanusiaan di Yogyakarta yang bergerak dalam bidang pendidikan yakni pemberian beasiswa untuk anak-anak yang kurang mampu dalam segi perekonomian dan mempunyai keinginan kuat untuk tetap bersekolah. Ada beberapa bentuk donatur dalam YCAC seperti donatur tetap, donatur tunggal dan donatur umum. Donatur tetap yaitu donatur memberi donatur sebanyak minimal Rp 10.000/ bulan. Donatur tunggal yaitu donatur yang membiayai anak asuh dimulai dari SD sampai SMA. Pemberian dana dilakukan dengan dua cara, cara pertama dua kali per tahun atau per semester dan yang kedua dengan cara per bulan. Sedangkan untuk donatur umum yaitu donatur yang tidak terikat oleh waktu dan besarnya dana.

YCAC memiliki 30 orang anak asuh yang saat ini bersekolah di SMP. Anak-anak tersebut tersebar di daerah Sleman, kota Yogyakarta, dan Bantul. Untuk daerah Kulonprogo dan Gunung Kidul belum dapat dibantu karena masih mengalami kesulitan dalam kontroling dikarenakan jarak yang terlalu jauh,’ Ujar Ajhi.

Dalam pemaparan Ketua YCAC Ajhi mengatakan bahwa program dari YCAC secara garis besar diantaranya adalah Coin collecting day, YCAC Anniversary, picnic coin, YCAC roadshow  dan pendampingan anak-anak asuh. Collecting day yaitu pengumpulan uang-uang logam dari beberapa celengan yang telah tersebar di beberapa tempat dan dilakukan satu kali dalam sebulan. Setelah uang logam tersebut dikumpulkan, lalu ditukarkan ke Bank dan dimasukkan ke dalam rekening YCAC. Untuk kegiatan YCAC Anniversary yang pernah diadakan yaitu untuk merayakan hari lahir YCAC dengan mengajak anak-anak asuh ke panti asuhan serta  bekerjasama dengan komunitas Aman untuk mengajarkan anak-anak cara bela diri.

Kegiatan picnic coin dilaksanakan dengan tujuan untuk mengakrabkan pendamping dengan anak-anak asuh. Hal ini dilakukan dengan cara mengajak anak-anak asuh berkeliling ke beberapa tempat wisata yang tujuannya untuk belajar tentang pariwisata dan histori kota Yogyakarta. Sedangkan untuk kegiatan pendampingan dilaksanakan dengan cara membimbing anak-anak belajar sesuai dengan mata pelajaran sekolahnya dan dibekali beberapa keterampilan sesuai bakat mereka. Program kerja yang terakhir dari yayasan ini adalah YCAC roadshow, yaitu melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah agar anak-anak bisa peduli terhadap orang-orang yang kurang mampu.

YCAC memberikan banyak inspirasi tentang memberi di tengah keterbatasan dan semoga ke depan kami  dapat bersinergis dalam kebermanfaatan yang lebih besar.” Ujar Anwaril di akhir kunjungan.

Bentuk kerjasama yang akan dilakukan antara KMP UNY dan YCAC adalah KMP UNY memberikan pelatihan cara mengajar kepada volunter YCAC. (HUMAS KMP UNY)