KMP UNY Berbagi Inspirasi Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Purworejo

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) melakukan lawatan ke Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Hidayah di Jalan Sudirman Gang Santri Pangenjurutengah  Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah pada hari Minngu (24/01/2016). Dalam kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KMP UNY Mahfuzi Irwan, S.Pd dan Anggota KMP UNY seperti Anwaril Hamidy S.Pd., Eki Rahmad S.Pd., Rizatmi Zikri, S.Pd., Kutsiyah, S.Pd., Fajar Fitriani, S.pd, dan Chairun Nisa, S.Pd.

Dalam kunjungan tersebut KMP UNY diterima langsung oleh Ibu Lurah Pondok Pesantren Putri Ibu Kunfarida Awaliyah, S.Pd dan beberapa alumni santri yang saat ini membantu mengurusi Pondok Pesantren Nurul Hidayah diantaranya Hamid Nasrulloh, S.Pd. yang juga mahasiswa PPs UNY prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, M. Fahrudin Sidiq, S.Pd, dan M. Alwin Kamal. Adapun tujuan dari kunjungan KMP UNY ke Pondok Pesantren Nurul Hidayah diantaranya untuk mencari referensi kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Nurul Hidayah baik di dalam lingkungan pondok pesantren maupun diluar lingkungan pondok pesantren.

Adapun pengasuh dari Pondok Pesantren Nurul Hidayah adalah Bapak Dr. K. H. Muh. Wasith Achadi, M.Ag dan Ibu Hj. Durotun Masfufah. Jumlah seluruh santri di pondok pesantren ini sebanyak 170 santri yang mulai dari jenjang SD sampai SMA. Secara garis besar kegiatan Pondok Pesantren Nurul Hidayah diantaranya adalah Madrasah Diniyah setiap malam, ziarah pendiri pesantren dilaksanakan setiap hari kamis sore, bacaan kitab Al-Barjanzi, Khitobah, Ekskul Hadroh, Ekskul Futsal dan lain-lain.

Pada saat kunjungan yang dilakukan KMP UNY, kegiatan yang sedang dilakukan para santri yaitu berupa Talk Show yang bertemakan “Santri Pondok Nurul Hidayah Generasi Qur’ani Kaya Prestasi Siap Mengabdi”. Penyelenggara kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Keluarga Alumni Santri Nurul Hidayah (KASNURHIDA). Selain itu, KASNURHIDA juga mengadakan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) setiap dua tahun sekali di tingkat kabupaten dan santunan anak yatim ke panti asuhan.

Dalam kunjungan tersebut anggota KMP UNY merasa senang dapat berbagi inspirasi dengan generasi yang kelak akan memimpin bangsa ini. “Kegiatan ini merupakan kunjungan sekaligus refreshing dan semoga setelah ini kami lebih bersemangat dalam mengabdi kepada negeri,” Ujar Anwaril saat diskusi. Kedatangan KMP UNY ini disambut sangat antusias oleh para santri dan di akhir kunjungan Ketua KMP UNY Mahfuzi mengatakan “Sesuatu hal yang perlu dipahami dalam masa liburan perkuliahan ini yaitu ada banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan kegiatan seperti ini, selain liburan kita juga tak lupa untuk belajar dan berbagi pada masyarakat”.  (HUMAS KMP UNY)