Guest Lecturer Bertajuk “Me-reka Masa Depan Meraih Kegemilangan” Bersama Dr. Hary Wahyono, M.M., Universitas Negeri Malang

Yogyakarta, 15 Oktober 2018 – Pascasarjana Pendidikan Ekonomi UNY kedatangan dosen tamu dari salah satu universitas terbaik dari daerah yang terkenal sebagai penghasil buah apel, yaitu bapak Dr. Hary Wahyono, M.M dari Universitas Negeri Malang. Beliau merupakan Kaprodi Pendidikan Ekonomi UM sekaligus konsultan pendidikan di Jawa Timur. Sebuah kesempatan luar biasa bisa menghadirkan beliau dalam kuliah umum mengenai “Ekonomi Indonesia” yang diikuti oleh mahasiswa pascasarjana Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 dan 2018.

Dr. Hary Wahyono, M.M. atau yang akrab di panggil dengan Pak Ayonk menyampaikan materi kuliah berjudul “Me-reka masa depan meraih kegemilangan”. Judul tersebut menjadi menarik untuk dibahas lantaran saat ini Indonesia sedang mengahadapi permasalahan yang kompleks, mulai dari masalah ekonomi, politik, dan sosial. Penyampaian materi kuliah yang diselingi dengan canda tawa, membuat suasana kuliah menjadi menyenangkan. Tidak terlihat raut bosan atau menegangkan di wajah para mahasiswa, mereka sangat antusias menyimak materi yang disampaikan.

Selama kurang lebih 180 menit, Pak Ayonk dengan mantap menyampaikan materi mulai dari sistem ekonomi, data empiris kondisi perekonomian Indonesia saat ini, dan di tutup dengan penekanan pada pengembangan ekonomi kerakyatan. Tampilan layar presentasi beliau juga menampilkan data terbaru mengenai perkembangan ekonomian saat ini, mulai dari agenda Anual meeting IMF di Bali, hingga pembangunan proyek Wind Turbin Generation (WTG).

Pak Ayonk menuturkan bahwa kegemilangan ekonomi itu bisa kita raih jika kita mampu memanfaatkan peluang-peluang yang ada. “Resepnya adalah pelaksanaan Tri Sakti yang disebut juga Nawacita Ekonomi”, ujarnya.

Acara yang dibuka oleh Kaprodi Pendidikan Ekonomi PPs UNY Prof. Sukidjo M. Pd mengharapkan terjadi jaringan kerjasama Pascasarjana khususnya Pendidikan Ekonomi menjadi semakin bagus atas kegiatan ini. Lebih lanjut, Prof. Sukidjo menuturkan “Mahasiswa seharusnya dapat memiliki wawasan baru terkait kondisi ekonomi Indonesia, melakukan riset-riset baru mengenai hal tersebut sehingga mampu membangun link dengan Universitas Negeri Malang pada khususnya”, ungkap beliau. [dwgt]