Field Assessment Prodi PBSI PPs UNY

Setelah prodi Pend. Biologi dan Pend. Sejarah dinilai oleh Asesor BAN PT, giliran prodi Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia divisitasi. Pada hari Kamis, 13 Agustus 2015, Program Pascasarjana UNY menerima kedatangan Tim Asesor BAN PT yang melakukan field assessment. Asesor BAN PT yang melakukan penilaian adalah Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. dari UNS dan Dr. Susetyo, M.Pd. dari UNIB Bengkulu.

Seperti visitasi pada umumnya, pada hari pertama, Tim Asesor disambut oleh pimpinan UNY di ruang RKU UNY. Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain WR I, WR III, Direktur PPs UNY, Asdir I, Ka. BAKI, Penjaminan Mutu UNY, Staf Ahli WR I, Kabag. Akademik, Kabag. Informasi dan tentunya kaprodi yang divisitasi yaitu Dr. Kastam Syamsi, M.Ed. beserta beberapa dosen PBSI.

Mewakili Rektor UNY, WR I, Drs. Wardan Suyanto, M.A., Ed.D. mengucapkan selamat datang kepada kedua Asesor. Beliau menyampaikan tentang UNY secara garis besar mulai dari visi misi, fakultas, jurusan, prodi yang ada di UNY. Selain itu, beliau juga memaparkan tentang sarana prasarana akademik yang dimiliki.

Sebagai wakil rektor yang mengurusi bidang akademik, beliau memaparkan fakultas dan program studi yang diselenggarakan UNY khususnya untuk jenjang magister dan doktor. “Mulai tahun 2014, PPs UNY panen mandat DIKTI untuk menyelenggarakan 19 prodi jenjang magister. Tentunya secara otomatis waktu-waktu ini kami disibukkan dengan pengajuan akreditasi dan visitasi, “ungkap beliau.

Selanjutnya mewakili tim asesor, Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dan luar biasa dari pihak UNY. Sebagai asesor, beliau berdua bertugas untuk verifikasi borang yang telah dikirim dengan membandingkan realita di lapangan.

Setelah mengikuti acara seremonial penyambutan di rektorat, kedua asesor melanjutkan agenda di ruang sidang 315 PPs UNY. Kaprodi PBSI bersama dosen pengajarnya mengikuti dengan seksama proses verifikasi borang program studi (Buku III A) mulai dari standar 1 hingga 7. Pertanyaan dan masukan yang diberikan oleh Prof. Sarwiji bisa ditanggapi dengan baik oleh Dr. Kastam Syamsi dan pengelola PBSI. Sedangkan pencermatan borang institusi (Buku IIIB), Dr. Susetyo, M.Pd. ditanggapi oleh Direktur, Asdir, Tim Penjaminan Mutu PPs UNY.

Pada kesempatan yang lain asesor juga berbincang dan mendengarkan testimoni dari mahasiswa PBSI. Mahasiswa diminta menyampaikan masalah berkaitan dengan asal daerah, PT asal, suasana kegiatan perkuliahan, kurikulum, dan sarana prasarana akademik yang disediakan PPs UNY.

Dalam visitasi tersebut, tim asesor juga menyempatkan diri untuk meninjau sarana prasarana perkuliahan seperti pengelola jurnal, perpustakaan, ruang perkuliahan, ruang diskusi mahasiswa, lab. Komputer, dan sekretariat organisasi mahasiswa. (Rubiman)