November 2016

Kongkow Budaya : Sinergitas Keberagaman melalui Spirit Kebudayaan

KMP UNY – Diakhir kepengurusan, pengurus Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) menggelar kegiatan semarak mahakarya. Kepedulian terhadap budaya dan kaitanya dengan pendidikan, hal ini membuat pengurus KMP UNY mengadakan Kongkow Budaya dalam rangkaian acara Semarak Mahakarya.

Talkshow Pernikahan Bersama Ust. Cahyadi

KMP UNY - Berbicara soal cinta dan pernikahan memang hal menarik. Serba-serbi cerita cinta mewarnai talkshow bersama Ustad Cahyadi dan Ustadzah Ida. Tidak hanya talkshow, hiburan nasyid dari Kang Deni Aden juga membuat suasana semakin meriah.

Talkshow yang diadakan pada Rabu 16 November 2016 di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY dan dihadiri oleh kurang lebih 400 peserta yang berasal dari berbagai kampus dan daerah.

Delegasi UNY dalam International Society for Teacher Education Asia Pasific Regional Conference di Malaysia.

KMP UNY - Mahasiswa dan dosen dari berbagai program studi di Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY) mengikuti konferensi internasional dalam judul International Society For Teacher Education Asia Pasific Regional Conference di Malaysia.

Konferensi ini diadakan oleh Infrastructure University Kuala Lumpur dan berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 21-22 November 2016 di Hotel Palm Garden IOI Resort, Putra Jaya, Malaysia. Dalam kegiatanya, konferensi tersebut mengusung tema “Global Citizenship Education”

Kuliah Umum Nyleneh dan Menarik ala Prodi PBJ PPs UNY

Kuliah umum biasanya dikemas dengan ceramah, presentasi, tanya jawab dan sejenisnya. Namun, bisa dikatakan agak nyleneh dengan kuliah umum yang digelar oleh Prodi S2 Pendidikan Bahasa Jawa (PBJ) Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Kamis, 24 November 2016 di Aula PPs UNY dilaksanakan kuliah umum yang dibingkai dengan cara yang unik dan menarik. Sebelum materi utama disampaikan oleh narasumber, terlebih dahulu dipentaskan wayang kulit.

Kunjungan Mahasiswa PEP UNNES ke PEP UNY

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan merupakan prodi yang menaungi asesmen (penilaian), penelitian, dan evaluasi di bidang pendidikan. Kemajuan suatu program studi dapat dicapai dengan cara menjalin kerja sama dengan universitas lain yang mempunyai program studi yang sama. Pada hari Selasa, 25 Oktober 2016 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Semarang (PEP UNNES) melakukan kunjungan ke  Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (PEP UNY).

Studi Laboratorium Prodi PEP UNY ke Burapha University dan University of Malaya

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PEP PPs UNY) memiliki visi pada tahun 2025 unggul dalam penerapan dan pengembangan metodologi asesmen, evaluasi, dan penelitian pendidikan di tingkat Asia Tenggara, sesuai dengan nilai-nilai ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan. Sebagai salah satu cara untuk mencapai visi tersebut, Prodi PEP menyelenggarakan studi laboratorium ke Burapha University Thailand dan University of Malaya Malaysia.

Teliti Pola Pendidikan Pesantren dan Radikalisme, Abdul Malik Raih Gelar Doktor Cumlaude

Pendidikan pesantren secara umum, dikenal sebagai bentuk pendidikan tauhid/aqidah, AlQuran, Hadits, Fiqh, Ushil Fiqh, dan tata cara beribadah sesuai dengan tuntunan AlQuran dan Hadits. Sebagai budaya asli Indonesia, pesantren tumbuh dan berkembang dalam kultur keIndonesiaan yang terbuka dan toleran. Hal ini kemudian membentuk identitas dan tradisi pesantren menjadi lembaga pendidikan berbasis kearifan lokal, dimana nilai-nilai kesederhanaan, keterbukaan, dan kebersamaan dijunjung tinggi.

Mengamati PAUD Indonesia di Malaysia

Rombongan Pascasarjana PAUD megunjungi Taman Kanak-kanak Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (TK SIKL) pada beberapa waktu lalu yang disambut hangat oleh ibu Nunik selaku Humas dari SIKL. Dari kunjungan yang telah kami lakukan terlihat TK SIKL tidak jauh berbeda dengan keadaan Taman Kanak-kanak di Indonesia.

Ratih Kartika : Kemenangan Tak Terduga Modu Modu Application dalam Youth Excursion Korea Program 2016

Salah satu alumni sekaligus mahasiswa Program Pascasarjana UNY, Ratih Kartika berhasil membawa pulang medali  Youth Excursion (Youtex)pada kategori Project Presentation dalam acara Youth Excursion Korea Program 2016 yang diadakan pada Senin, 14-Sabtu, 19 November 2016 di Seoul, Korea Selatan.

Pages