March 2014

Arah Baru Prodi PLS PPs UNY Unggul di Asia Tenggara

Program Studi S2 PLS PPs UNY mengadakan sosialisasi arah baru prodi S1, S2, dan S3 PLS (PNFI/PAUDNI) yang tertuang dalam visi dan misi 2025 melalui kuliah umum. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin, 24 Maret 2014 di Aula PPs UNY  ini menghadirkan tiga orang pembicara yaitu, Prof. Dr. Sunyoto Usman dari UGM, kaprodi S2 PLS Prof. Dr. Yoyon Suryono, MS. dan Sumarno, Ph.D dan diikuti oleh mahasiswa PLS UNY baik yang S1 maupun S2.

Dr. Selva Kenalkan Penerapan Classroom Dynamics

Kamis, 20 Maret 2014 yang lalu, PPs UNY menyelenggarakan kuliah umum yang mendatangkan narasumber seorang dosen dari salah satu universitas di Malaysia, Dr. Selva (FCollt UK), yang memiliki pengalaman menjadi seorang pengajar kurang lebih 27 tahun dan menjadi seorang pengajar di UK selama lebih dari 8 tahun. Kuliah umum ini betempat di Aula PPs UNY dan dihadiri oleh kurang lebih 100 orang mahasiswa dari semua Prodi di PPs UNY.

Dr. Hanna Kembangkan Tes Kemampuan Musikal Anak

Kurang lengkap hidup seorang manusia apabila tanpa musik. Itulah pesan yang tersirat dalam presentasi yang disampaikan oleh Hanna Sri Mudjilah, M.Pd. Dosen Pendidikan Seni Musik FBS UNY ini memaparkan hasil penelitian disertasinya berjudul “Pengembangan Tes Kemampuan Musikal Anak” pada Ujian Terbuka dan Promosi Doktor PPs UNY pada Senin, 24 Maret 2014 di Aula PPs UNY.

Dr. Hesti Sadtyadi Kembangkan Instrumen Kinerja Guru SD

Guru mempunyai pengaruh yang paling penting terhadap kemajuan siswa, bahkan lebih penting daripada status sosial ekonomi dan lokasi sekolah. Selain itu, guru merupakan kunci dalam sistem pendidikan, tetapi masih memiliki permasalahan terkait rendahnya kualitas pengajaran, kualitas pendidikan, maupun praktek pengajarannya. Masalah yang lainnya yaitu tidak adanya sistem pemantauan yang layak atau pengawasan yang efektif, terhadap aspek-aspek efektifitas dalam mengajar, maupun komponen lainnya.

Menilik SD Unggulan di Malang

“Empati dan Prestasi Tanpa Batas” adalah tagline yang digunakan oleh sebuah SD unggulan di kota Malang, tepatnya yang beralamat di Perum Persada Bhayangkara Singhasari blok L-K Singosari Malang. Sekolah ini adalah sekolah tujuan kunjungan yang dipilih oleh mahasiswa Pendidikan Dasar Pascasarjana UNY angkatan 2013 untuk melakukan studi lapangan yang dihelat pada hari senin, 17 Maret 2014 lalu. Ada beberapa point alasan mengapa prodi Dikdas memilih SD tersebut, seperti yang telah diungkapkan oleh Bapak Dr.

Dr. Jumintono Kembangkan Model Kepemimpinan Kolegial Kepala Sekolah

Proses Belajar Mengajar (PBM) di sekolah dapat berjalan lancar apabila didukung oleh lingkungan akademik yang berkualitas. SMK sebagai sekolah calon pencetak tenaga terampil mutlak menciptakan lingkungan akademik yang mendukung hal tersebut. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut diperlukan seorang pemimpin dalam hal ini kepala sekolah yang mampu mendayagunakan seluruh stakeholders yang ada di sekolahnya.

Pages