YUDISIUM PPS UNY PERIODE MEI 2017: PPS UNY LAIN DARIPADA YANG LAIN

Program Pascasarjana UNY kembali menambah jumlah lulusannya dengan diadakannya Yudisium untuk periode Mei 2017. Rutinitas setiap akhir bulan yang digelar Jumat, 26 Mei 2017 ini berhasil menambah jumlah lulusan sejumlah 27 untuk jenjang magister (S-2). Hingga saat ini jumlah lulusan PPs UNY telah mencapai 5915 untuk jenjang magister dan 366 untuk jenjang doktoral.

Sesuai laporan yang disampaikan Asdir II, Ibu Losina Purnastuti, Ph.D. bahwasanya yang memenuhi syarat akademik dan administratif untuk dapat mengikuti yudisium adalah sejumlah 27 mahasiswa, yang terbagi dalam 12 program studi. “IPK tertinggi mencapai 3,95 yang diraih oleh Yudi Guntara, S.Pd. dari prodi Pendidikan Fisika, dan terendah 3,44 sehingga reratanya adalah 3,74, “ungkapnya. Sementara itu untuk waktu tempuh studi tercepat adalah 21 bulan yang ditempuh oleh 20 mahasiswa, sedangkan terlama 69 bulan, sehingga rerata masa studi 26 bulan. Sebanyak 15 mahasiswa atau 55% berhasil meraih predikat Cumlaude/Dengan Pujian.

Yudi Guntara, sebagai peraih IPK tertinggi mengungkapkan bahwasanya PPs UNY lain daripada yang lain. Dalam sambutannya mewakili peserta, alumni S1 Pend. Fisika FMIP UNY ini mengatakan bahwa kurikulum yang diterapkan berbeda dengan PPs lainnya. “Kalau boleh saya menggambarkan, pembelajaran di sini ibarat buah yang dikarbit, tetapi hasil/rasanya bisa seperti buah yang matang secara alami. Jadi hasilnya seperti yang kita rasakan saat ini. Kita bisa diyudisium dengan hasll yang memuaskan. Dari semester awal kami sudah “dipaksa” untuk menyusun proposal tesis, sehingga memacu kami untuk mampu belajar rajin, giat menambah ilmu. Secara spesifik, kaprodi kami selalu berpesan agar “jangan plagiasi” dalam setiap aktivitas kami khususnya dalam urusan karya ilmiah, “ujar mahasiswa asal Ciamis Jawa Barat ini.

Sementara itu, Dr. Sugito, MA., menanggapi sambutan perwakilan mahasiswa, mengatakan bahwa terkadang hidup ini tidak seperti yang kita harapkan, namun setidaknya kita bisa memahami apa yang seharusnya kita lakukan. Asisten Direktur I PPs UNY ini berpesan agar lulusan UNY harus siap menghadapi segala sesuatu yang sekarang serba mendadak. “Setelah anda resmi menyandang gelar sebagai alumni UNY, kontribusikan apa yang diperoleh di kampus untuk memberikan kemanfaatan kepada masyarakat serta menciptakan kehidupan yang damai.dan berkeadilan, “tutupnya. (Rubiman).

.