YUDISIUM PERIODE NOVEMBER: Kembangkan dan Implementasikan Ilmu Agar Dirasakan Manfaatnya

Sebanyak 30 calon Magister Pendidikan dan 3 calon Doktor Pendidikan memasuki ruangan aula gedung baru Program Pascasarjana UNY pada 30 November 2012 untuk menghadiri acara Yudisium Periode November 2012.  Jumlah peserta yudisium yang memenuhi persyaratan akademik dan administratif sebanyak 33 orang, kesemuanya dinyatakan lulus 30 November 2012.

Terdapat 9 mahasiswa/i dengan predikat cumlaude yaitu  2 mahasiswi dari prodi LT, 2 mahasiswa/i dari prodi MP, 2 mahasiswi dari prodi PSn, 2 mahasiswa dari prodi PTK dan  1 mahasiswa dari prodi PTK. Demikian yang disampaikan oleh ketua ataupun sekretaris prodi di lingkungan PPs UNY dalam pembacaan SK Direktur PPs. Dina Rustiningsih dari prodi Pendidikan Sains yang berhasil memperoleh IPK tertinggi dan hampir sempurna, yaitu 3,94. Hal ini sangat membanggakan bagi Kaprodi Pendidikan Sains, Dr. rer. nat. Senam.

Sebagai lulusan terbaik, Dina Rustiningsih memberikan sambutan, ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh civitas akademika Program Pascasarjana UNY yang telah membantu para lulusan dalam menyelesaikan studinya dan memohon doa restu agar ilmu yang telah diperoleh dapat diabdikan bagi masyarakat luas.

Selanjutnya, Direktur PPs UNY, Wardan Suyanto, Ed.D., secara resmi meyudisium para peserta dengan membacakan surat keputusan direktur sehingga untuk selanjutnya mereka sudah berhak untuk menyandang gelar doktor untuk jenjang S3 dan magister untuk jenjang S2. Dalam sambutan, beliau mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yudisium dan untuk tidak lupa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berterimakasih kepada orangtua/wali maupun orang-orang terdekat yang telah membantu studi mereka.

Setiap kali yudisium, direktur PPs juga meminta maaf apabila selama interaksi antara mahasiswa dengan penegelola, dosen, dan karyawan masih banyak kesalah dan kekurangan. Sehingga diharapkan setelah berpisah sudah clear tidak ada beban dan kesalahan lagi. Walaupun sudah berpisah silaturahim tetap dijaga.

Beliau menekankan agar selalu meningkatkan prestasi dan mengamalkan ilmunya masing-masing agar memberikan kebaikan dan manfaat bagi diri sendiri, keluarga, lembaga dan masyarakat umum. Diharapkan lulusan terus berkarya dan menciptakan prestasi yang lebih baik dari hari-hari yang sebelumnya. Selain itu, terdapat beberapa hal yang juga beliau tegaskan, yang pertama terkait dengan penulisan serta publikasi artikel. Setiap tesis maupun disertasi wajib masuk dalam jurnal baik nasional maupun internasional. Hal tersebut menjadi poin penting yang harus diperhatikan  pada masing-masing program studi saat ini. Para mahasiswa juga wajib melaporkan ke PPs UNY apabila tesis maupun disertasi mereka terpublikasi dalam jurnal agar karya-karya para alumni dapat terpantau.

Setelah kembali ke lembaga asal/daerah masing-masing diharapakan dapat menjaga nama baik almamater. Yang baik ditularkan, yang jelek ditutup rapat-rapat. Akhirnya, beliau menegaskan bahwa lulusan PPs UNY sesuai dengan visi UNY harus menjadi insan yang mandiri, cendekia dan berkarakter. (Rb&Tina)