Yudisium Periode April: 27 Lulusan Cumlaude PPs UNY Lulus dalam Waktu 20 Bulan

Pada periode April 2014 ini Program Pasacsarajana UNY mengadakan upacara yudisium yang berbeda dari biasanya. Upacara yang biasa dihelat pagi hari pada saat suasana masih segar, tapi kali ini diadakan jam 15.00 dengan sisa tenaga yang ada.

Yudisium yang diadakan pada hari Selasa, 29 April 2014 di Aula PPs UNY ini diikuti oleh 85 peserta yang terdiri atas 79 mahasiswa untuk jenjang magister dan 6 mahasiswa untuk jenjang doktor. Selain itu, hadir pula kaprodi, sekprodi, koordinator Jurnal, Layanan Bahasa, pengelola Lab. PEP.

Hal yang luar biasa juga pada yudisium kali ini adalah terdapat 27 peserta yang lulus dengan predikat Cumlaude yang dapat lulus dalam waktu yang bersamaan yaitu 20 bulan. Rinciannya adalah dari prodi MP 8 peserta, LT 5, TP 1, PSn 4, PM 5, dan IK 4 mahasiswa. Salah satu peserta yang Cumlaude tersebut merupakan mahasiswa KNB dari Bangladesh yaitu Shanta Akhter Sheema dari prodi MP dengan IPK 3,78

Pada kesempatan ini, Adi, M.Pd. dari prodi MP berkesempatan menjadi wakil mahasiswa. Peserta yudisium dengan nama terpendek ini menyampaikan terima kasih atas bimbingan dan layanan dari dosen, karyawan, dan seluruh pengelola PPs UNY sehingga dapat lulus studi di kampus ini.

Secara terpisah Direktur PPs, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. memberikan pesan kepada para peserta agar dapat segera mendapatkan tempat berlabuh baik di hati maupun lapangan. Bagi lulusan magister agar yang masih single agar segera dapat berlabuh ke mertua indah, bekerja sesuai kompetensinya, dan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sedangkan bagi lulusan doktor segera kembali mengabdi ke lembaga asal, mengembangkan kelimuan, penelitian dan segera dapat mencapai gelar akademik tertinggi yaitu guru besar.

Selain itu, beliau juga menyampaikan hal berkaitan dengan standar nasional perguruan tinggi yaitu waktu tempuh studi mahasiswa Pascasarjana. Untuk jenjang magister maksimal 36 bulan dan 60 bulan untuk jenjang doktor. Sehingga beliau mengucapkan selamat kepada peserta yudisium kali ini yang telah lolos dari jaring peraturan tersebut. “Saran dan masukan dari alumni sangat diharapkan untuk peningkatan pelayanan perkuliahan di PPs UNY”, tutupnya.

Setelah diyudisium oleh direktur PPs UNY, para peserta berhak menyandang gelar Doktor Kependidikan (Dr.) untuk jenjang S3 dan Magister Pendidikan (M.Pd.) untuk jenjang S2, Magister Humaniora (M.Hum.) untuk prodi LT konsentrasi Penerjemahan dan Magister Olahraga (M.Or.) untuk lulusan prodi IK. (Rb)