Workshop Penyusunan Deskripsi, Silabus, dan SAP Mata Kuliah Prodi Dikdas

Dengan berakhirnya ujian akhir semester, menandai berakhir pula kegiatan perkuliahan pada semester genap TA 2014/2015. Selain itu, perkembangan ilmu pengetahuan harus direspon secara berkelanjutan, terutama dalam dunia teaching and learning sehingga perlu adanya kegiatan pembelajaran yang berkualitas dan up to date.

Di sisi lain, perkuliahan pada TA. 2015/2016 sudah di depan mata, maka menjadikan keharusan bagi pengelola program studi untuk mempersiapkan perangkat pembalajaran guna mendukung perkuliahan. Komponen pembelajaran yang perlu terus dikembangkan adalah pembaharuan silabus, SAP, dan deskripsi mata kuliah SNDIKTI.

Untuk merespon perkembangan ilmu pengetahuan tersebut, prodi Dikdas PPs UNY menyelenggarakan kegiatan berupa workshop penyusunan deskripsi mata kuliah, dan pembaharuan silabus serta SAP (Satuan Acara Perkuliahan). Kegiatan yang diadakan pada hari Kamis, 25 Juni 2015 ini menghadirkan seluruh dosen yang mengajar pada prodi Dikdas baik semester gasal maupun genap.

Kaprodi Dikdas, Dr. Muh. Nur Wangid, M.Si. mengatakan bahwa pembelajaran yang berkualitas dan up to date diawali dengan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang baik pula. Perencanaan pembelajaran sebagai komponen keberhasilan merupakan penjabaran bagaimana suatu konsep ilmu pengetahuan dan kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa dibelajarkan kepada mereka. Ketika ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang pesat maka sebagai konsekuensinya adalah bagaimana konsep pengetahuan tersebut dapat tersampaikan kepada mahasiswa dengan tepat. “Oleh karena itu, kami ngrawuhke Bapak/Ibu untuk kembali mencermati mulai dari silabus, SAP, dan deskripsi mata kuliah masing-masing sebagai bekal perkuliahan tahun depan”, tuturnya.

Selanjutnya, dengan dipandu sekprodi, Dr. Ali Mustadi, M.Pd., peserta workshop mulai mencermati mata kuliah masing yang akan diajarkan pada tahun depan. Gambaran yang telah diberikan kaprodi Dikdas tadi cukup sebagai acuan untuk pembaharuan silabus, SAP, dan penyusunan deskripsi mata kuliah sesuai SNDIKTI. (Rubiman)