Wisata Laboratorium Mahasiswa PEP ke Burapha University Thailand

Mahasiswa PEP S2 melakukan wisata laboratorium ke Burapha University Thailand Pada tanggal 10-13 September 2013. Rombongan terdiri atas 13 mahasiswa dan didampingi oleh 3 dosen, yaitu Prof. Dr. Badrum Kartowagiran, Dr. Heri Retnowati, dan Dr. Aman. Rombongan berkunjung ke Faculty of Education Burapha University dan disambut dengan ramah oleh Dr. Pracha Inang, Asisten Dekan Faculty of Education Burapha University.

Diskusi diawali dengan perkenalan kampus Burapha University, khususnya Faculty of Education. Pada paparannya, Dr. Pracha Inang mengungkapkan bahwa Burapha University memiliki 22 fakultas dan sebuah rumah sakit di dalam universitas tersebut. Jumlah mahasiswanya lebih dari 50.000 mahasiswa, kurang lebih 1.000 diantaranya adalah mahasiswa asing. Para mahasiswa diwajibkan mengenakan seragam putih hitam ketika kuliah. Pembagian kelas di Burapha University dibedakan menjadi tiga, yaitu kelas reguler, kelas spesial, dan kelas malam. Kelas reguler masuk pagi dari hari senin sampai jumat. Kelas spesial masuk setiap hari sabtu dan minggu, sedangkan kelas malam adalah kelas yang perkuliahannya dimulai dari jam 16.00 sampai malam jam 22.00. Burapha University memiliki perustakaan yang cukup besar dan buka sampai jam 22.00, sehingga memungkinkan mahasiswa beraktivitas dan belajar sampai malam di kampus.

Burapha University merupakan universitas yang prestisius dan peduli dalam bidang pendidikan. Fakultas Pendidikannya merupakan spesialis lembaga pencetak tenaga kependidikan dan masuk dalam jajaran 5 besar fakultas pendidikan terbaik di Thailand. Para dosen di fakultas tersebut berasal dari Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Laos. Tes masuk mahasiwa di fakultas tersebut ada tiga yaitu, tes potensi akademik, tes sesuai dengan bidang studinya, dan tes wawancara.

Diskusi berlanjut mengenai jurusan educational research, measurement, and statistics yang berlangsung sangat menarik karena para rombongan dapat berdiskusi langsung dengan ketua jurusan dan para dosen yang ahli di bidang tersebut. Mereka sudah memiliki jurnal tentang educational research, measurement, and statistics yang bertaraf internasional. Pada kesempatan tersebut terjadi kesepakatan kerjasama untuk melakukan penerbitan jurnal bersama antara jurnal penelitian mereka dengan jurnal HEPI yang dimiliki UNY. Selain itu, mahasiswa PEP juga ditawari untuk belajar di Burapha University selama beberapa bulan. Kesepakatan-kesepakatan tersebut akan ditindaklanjuti di kemudian hari untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. (Eka Ary W).