Wajah Baru KMP UNY 2015

Sabtu – Minggu, 10 – 11 Januari 2015 Keluarga Mahasiswa Pascasarja UNY (KMP UNY) melaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) II. Kegiatan ini bertujuan untuk mengesahkan perangkat-perangkat organisasi, seperti Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART), dan Garis Besar Haluan Kerja (GBHK), selain itu melalui kegiatan ini akan dipilih ketua KMP UNY periode 2015 yang akan menggantikan Fadli Rozaq, S.Pd.

Mubes II diselenggarakan di Aula Lantai 3 Gedung Baru dan dihadiri oleh delegasi kelas mahasiswa PPs UNY angkatan 2014, peserta magang KMP UNY, dan seluruh pengurus KMP UNY. Acara dimulai pada hari Sabtu, pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Direktur I, Prof. Pardjono dan dihadiri oleh Ketua Asosiasi Alumni Mahasiswa (AAM) yang baru, Dr. Nuchron, M.Pd. Dalam sambutannya, Asdir I menyampaikan bahwa agar Mubes II KMP UNY dapat berjalan dengan lancar dan nantinya di kepengurusan yang baru KMP UNY dapat lebih baik.

Sebelum rangkaian kegiatan sidang Mubes II dimulai, diadakan stadium general dengan tema “Optimalisasi Peran Mahasiswa Pascasarjana dalam Meningkatkan Prestasi UNY di tingkat Internasional”. Pemaparan disampaikan oleh Prof. Sumaryanto, M.Kes selaku Wakil Rektor III. Beliau menjelaskan “Mahasiswa PPs dapat berperan menjadi pembimbing atau fasilitator bagi mahasiswa S1/DIII, dan tidak menutup kemungkinan mahasiswa PPs dapat terjun langsung menggali potensinya sendiri sehingga berprestasi di tingkat internasional, misalnya dengan cara menjadi presenter di konferensi internasional”

Setelah stadium general, persidangan Mubes II dimulai. Pembahasan persidangan dimulai dari: susunan acara persidangan, tata tertib persidangan, pembahasan AD, ART, dan GBHK, serta penyampaian LPJ KMP UNY periode 2014. Rangkaian kegiatan ini dilanjutkan hingga hari Minggu 11 Januari 2015 dan baru selesai pada pukul 14.30 WIB. Pembahasan yang begitu panjang diwarnai dengan adu pendapat yang cerdas. Hal tersebut tentunya untuk mewujudkan konstitusi KMP UNY yang baik.

Acara dilanjutkan dengan pemilihan ketua KMP UNY. Dari sembilan nama bakal calon ketua, dipilih tiga orang setelah dilakukan wawancara dan verifikasi oleh Tim Formatur. Tiga calon ketua tersebut adalah Aminullah, Ismail, dan Ence Surrahman. Dari ketiga nama tersebut seluruh peserta sidang melakukan musyawarah dan sepakat mengeliminasi Ismail. Musyawarah tidak melakukan titik temu memilih satu nama. Karena waktu yang terbatas, akhirnya diadakan voting tertutup. Berdasarkan hasil voting dinyatakan bahwa Ence Surhaman mendapatkan 42 suara, sedangkan Aminullah mendapatkan 14 suara. Ence Surahman, S.Pd adalah mahasiswa Prodi TP 2014 dan sempat menjadi mahasiswa berprestasi di UPI.

Acara kemudian dilanjutkan dengan serah terima jabatan ketua KMP UNY. Dalam sambutan akhirnya, Fadli Rozaq, S.Pd menyampaikan permintaan maaf dan terimakasih kepada seluruh pengurus KMP UNY 2014 yang telah berperan aktif selama enam bulan kepengurusan. Sedangkan Ketua KMP UNY yang baru menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan, dan ia mengajak seluruh mahasiswa PPs UNY angkatan 2014 yang ingin bergabung bersama di KMP UNY dapat menghubungi nomor HP pribadinya 087821191948. (kmp)