Visitasi Akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Jawa PPs UNY

Berbeda dengan visitasi sebelumnya, berhubung pimpinan UNY sedang ada kegiatan dinas di luar kota, maka Tim Asesor dari BAN PT disambut oleh intern pimpinan PPs UNY pada Sabtu, 10 Oktober 2015. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. dari UNS dan Prof. Dr. Nadra, MS. Dari Unand menjadi utusan BAN PT untuk memverifikasi borang prodi Pendidikan Bahasa Jawa (PBJ) PPs UNY.

Sambutan selamat datang disampaikan oleh Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. Turut menyertai beliau antara lain Asdir I, Asdir II, Tim Penjaminan Mutu, Kaprodi PBJ, Dr. Mulyana, M.Hum. beserta beberapa dosen seperti Prof. Dr. Suwarna, Prof. Dr. Suwardi Endraswara, Prof. Dr. Endang Nurhayati, Prof. Dr. Suharti, dan Dr. Purwadi serta mahasiswa PBJ Angkatan 2014.

“Hari ini hari Sabtu, merupakan hari libur bagi civitas akademika UNY. Namun, bukan karena liburnya itu Bapak Ibu tidak disambut oleh pimpinan UNY, tetapi karena beliau para pimpinan sedang ada dinas di luar kota yang tidak bisa diwakilkan, “ujar Pak Direktur.

Visitasi kali ini merupakan kedua kali bagi Prof. Dr. Sarwiji S., yang pada bulan lalu melakukan penilaian terhadap kelayakan prodi PBSI. Maka bagi beliau untuk borang institusi yang tidak jauh berbeda tentunya penilaian bisa lebih cepat. Berbagai kekurangan dan masukan tentunya hal biasa dalam visitasi, disampaikan kepada pimpinan dan Penjamu PPs.

Selanjutnya waktu yang tersisa dimaksimalkan untuk mencermati borang prodi. Bersama dosen prodi dibantu mahasiswa, Dr. Mulyana bisa menanggapi setiap pertanyaan, masukan yang diberikan oleh asesor. Selain itu, apabila diperlukan dokumen sebagai bukti sebuah kegiatan/masalah dapat ditunjukkan dengan cepat dan tepat. Harapannya hal itu bisa menjadikan maksimalnya nilai akreditasi ini.

Pada saat itu pula, Prof. Dr. Nadra menyempatkan diri untuk mendengarkan pendapat dan suara mahasiswa. Agar transparan, dan tidak terpengaruh oleh yang lain tentunya diskusi dilaksanakan di ruang terpisah.

Proses penilaian berlangsung sehari penuh. Menjelang terbenamnya matahari acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara visitasi dan hasil penilaian akreditasi yang akan diserahkan ke BAN PT. Selanjutnya serah terima dilakukan oleh Asesor kepada kaprodi PBJ dan Direktur PPs UNY. (Rubiman)