Universitas Tadulako Sulteng Kunjungi PPs UNY

PPs UNY kembali menerima kunjungan studi banding yang kali ini dari Universitas Tadulako (UNTAD), Sulawesi Tengah. Rombongan yang terdiri atas 28 mahasiswa S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia dan 2 dosen pendamping tersebut disambut dengan hangat oleh Asisten Direktur I, Prof. Pardjono, Ph.D. dan Sekprodi Linguistik Terapan (LT), Asruddin B. Tou, Ph.D. Dalam acara penerimaan kunjungan yang digelar pada Senin (20/1/2014) di Aula PPs UNY tersebut, Prof. Pardjono menyampaikan rasa terima kasih karena telah memilih PPs UNY sebagai obyek studi banding. Selain itu, juga disampaikan paparan singkat mengenai sejarah singkat PPs UNY dan fasilitas penunjang yang dimiliki. “Perpustakaan PPs UNY yang menjadi obyek utama kunjungan kali ini, hanya menyediakan tesis dan disertasi mahasiswa berpredikat cumlaude” tambahnya.

Sekprodi S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Tadulako, Dr. Zigit Zulianto, M.Pd. menyampaikan bahwa PPs UNY memiliki reputasi yang baik sehingga menjadi obyek pilihan untuk mengenal lebih jauh. Sebelumnya para rombongan telah tiba di Yogyakarta pada 18 Januari 2014 dan langsung mengunjungi situs-situs budaya yang ada di Yogya. ISI Yogyakarta juga merupakan tempat yang dikunjungi para rombongan untuk melihat dan mempelajari seni pertunjukan. Tujuan utama di perpustakaan UNY dan PPs yaitu untuk meningkatkan wawasan para mahasiswa tentang hasil-hasil penelitian mahasiswa S-2 di UNY. Hal tersebut dilakukan mengingat Prodi S-2 Bahasa Indonesia PPs UNTAD masih tergolong baru dan masih dalam proses akreditasi pertama dan belum memiliki alumni. Mahasiswa juga berharap dapat menggali informasi di perguruan tinggi yang lebih maju di Yogyakarta.

Pada sesi selanjutnya, Sekprodi S-2 Linguistik Terapan (LT) PPs UNY, Asruddin B. Tou, Ph,D. memberikan paparan singkat mengenai sejarah berdirinya Prodi S-2 LT dan ijin penyelenggaraannya serta Prodi S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa yang menjadi Prodi S-3 lanjutan bagi para lulusan S-2 LT. Perkembangan SDM mahasiswa yang kecenderungannya semakin meningkat tiap tahun juga merupakan prestasi tersendiri seiring akreditasi tertinggi “A” yang didapat prodi LT.

Para peserta sangat antusias dengan diskusi antar kedua lembaga tersebut. Selanjutnya para rombongan menuju perpustakaan UNY dan PPs UNY untuk melihat dan mempelajari hasil-hasil penelitian mahasiswa S-2 di UNY. (Sinta)