A TIME TO MAKE FRIENDS

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY) menggelar turnamen Futsal antar-program studi, dosen, dan karyawan PPs UNY dalam rangka menyambut Dies Natalis UNY yang ke-50 di Lapangan Futsal Arena Samirono dari tanggal 18-19 April 2014. Acara ini direncanakan akan berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya sebagai partisipasi PPs UNY dalam memeriahkan perayaan berdirinya Universitas Negeri Yogyakarta.

Turnamen Futsal ini baru pertama kali dilakukan dan merupakan gagasan dari Direktur PPs UNY yang berawal dari kecintaannya pada olahraga sepakbola. Beliau ingin mengajarkan tentang bagaimana filosofi sepakbola, yaitu untuk membuat tim yang solid perlu kerjasama, disiplin, fairplay, kerja keras, dan jangan pernah mengabaikan waktu yang masih tersisa, karena sering kemenangan ditentukan saat injury time. Untuk itu, dengan filosofi sepakbola tersebut, beliau ingin membangun civitas akademika dan karyawan PPs UNY ini menjadi tim yang solid baik di lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Acara ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para mahasiswa, dosen maupun karyawan. Beberapa prodi ingin mendaftarkan dua sampai tiga tim dalam acara ini. Namun karena pembatasan jumlah dan demi terselenggaranya acara ini dengan baik, maka setiap prodi hanya boleh mengirimkan satu tim.

Turnamen ini diikuti sebanyak 16 tim, yaitu tim dari Prodi Teknologi Pembelajaran (TP) S2, Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) S2, Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) S2, Prodi Manajemen Pendidikan (MP) S2, Prodi Ilmu Pendidikan (IP) S3, Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) S2, Prodi Pendidikan Dasar (Dikdas) S2, Prodi Linguistik Terapan (LT) S2, Prodi Pendidikan Sains (PSn) S2, Prodi Ilmu Keolahragaan (IKOR) S2, Prodi Pendidikan Matematika (PMat) S2, Gabungan Prodi S3 (S3 United), dua tim dari karyawan PPs, yaitu PPs A dan PPs B, serta mahasiswa asing yang kuliah di PPs UNY yang tergabung dalam tim Kemitraan Negara Berkembang (KNB).

Turnamen futsal ini berlangsung selama dua hari. Hari pertama untuk babak penyisihan dengan menggunakan sistem grup setengah kompetisi, dimana seluruh tim dibagi menjadi empat grup. Juara dan runner up grup bertanding pada babak perempatfinal yang dipertemukan pada hari kedua dengan sistem silang. Untuk menambah kemeriahan dan keakraban pada acara ini dilakukan pertandingan eksebisi antara kaprodi- sekprodi PPs melawan karyawan PPs Oldstars.

Akhirnya Turnamen Futsal PPs Cup yang pertama ini dimenangkan oleh Prodi Ilmu Keolahragaan yang pada final mengalahkan Prodi PTK dengan skor 2-0. Juara ketiga dibawa pulang oleh Prodi PSn dengan menghempaskan perlawanan Prodi LT dengan skor 2-1. Para pemenang kejuaran futsal ini telah membawa pulang total hadiah Rp 3.000.000,- dan trofi bergilir dari Direktur PPs UNY.

Kegiatan ini terlihat jelas sesuai dengan tujuan awal diselenggarakannya acara  ini, yaitu keakraban dan silaturahmi antara dosen, mahasiswa dan karyawan PPs UNY terjalin. Para mahasiswa, dosen dan karyawan yang selama ini beraktivitas dengan tujuan masing-masing, namun pada kegiatan tersebut mereka berada dalam satu lapangan dengan tujuan yang sama, yaitu kemenangan dengan sportifitas. Slogan Piala Dunia 2006 di Jerman “A Time to Make Friends”, menjadi slogan “jiplakan” dalam Turnamen Futsal PPs Cup I dalam rangka Dies Natalis ke-50 UNY tersebut.

Turnamen ini ditutup oleh Prof. Dr. Muhyadi selaku Assisten direktur II. Beliau mengharapkan agar event tahun depan lebih baik, misalnya dengan mengurangi jumlah pemain yang berada di lapangan, dari 7 menjadi 6, agar tidak terlihat gares semua (keroyokan). Beliau juga berharap turnamen futsal antarprodi ini menjadi embrio pemunculan kembali aktivitas himpunan mahasiswa PPs di masing-masing prodi. Pemunculan kembali aktivitas ini penting, karena aktivitas tersebut menjadi salah satu butir penilaian dalam borang akreditasi perguruan tinggi saat ini. (SF)