TIM ASSESOR BAN PT MENILAI PRODI S2 PENDIDIKAN ILMU KEOLAHRAGAAN UNY

“Sebagai keluarga besar kami menyambut dengan rasa hangat, tim assesor dapat menunaikan tugas dengan baik, sehingga apa yang menjadi pertanyaan di borang nanti bisa connect dengan yang ada di fakultas. Kami sampaikan bahwa di UNY ini core pendidikan, namun nuansa S2 Keolahragaan mempunyai gender yaitu murni dan Ilmu Keolahragaan. Kami menginginkan tetap mempunyai core di bidang pendidikan. Dan tidak hanya yang bertaraf nasional namun juga yang bertaraf internasional. Bertaraf internasional ini artinya kita memiliki branch mark untuk meraih tujuan/impian kita, serta kita tunjukkan prestasi/performance yang dimiliki, baik itu prestasi mahasiswa maupun prestasi karyawan.”

Demikian paparan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. menyampaikannya saat menerima Tim Assesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Dr. Yudy Hendrayana, M.Kes., dan Dr. Syahruddin, M.Kes. di Ruang Rapat RKU UNY (11/11/2015). Lebih lanjut Rochmat menjelaskan bahwa pada tahun 2008, UNY telah memberikan anugrah akademik kepada Ari Ginanjar sebagai wujud apresiasi UNY dalam Award Pendidikan Karakter.

“Pada saat ini UNY telah memiliki visi `Cemani` yang merupakan kepanjangan dari Cendekia, Mandiri,  Bernurani. Pada tahun 2009, kami geser visi tersebut agar memiliki kesan yang lebih universal, yaitu bernurani menjadi taqwa sehingga sejak 2009 visi kami menjadi Taqwa, Mandiri, dan Cendekia. Sesuai dengan visi kami, maka kami berharap agar ke depan UNY menghasilkan insan yang beriman, bertaqwa, dan mandiri. Untuk mendukung visi tersebut, di UNY telah menanamkan value melalui slogan Leading in Character Education Building. Seperti halnya Keolahragaan, maka kami pun juga sudah melaksanakan fairness, togetherness, collectiviteness, hal tersebut tidak hanya kami terapkan di  dalam keolahragaan namun juga saat di kelas. Kami sangat senang sebagai salah satu LPTK yang telah mempresentasikan olahraga,” papar Rochmat.

Secara akademik, UNY telah menyesuaikan dengan KKNI dan dalam merealisasikan visi tersebut untuk mendorong kepada aplikasi nilai-nilai di dalam visi UNY, seperti anti plagiasi. Adapun dari sisi manajemen UNY telah memperoleh ISO sejak tahun 2009 dengan capaian predikat wajar tanpa pengecualian. Sementara itu dari sisi kemahasiswaan, mahasiswa S2 Keolahragaan telah banyak yang menjadi atlit sejak S-1, dan sekarang banyak sekali S-2 yang fresh graduate. Dari sisi kerjasama, prodi ini juga telah memiliki program sit in, guest lecture, dan student exchange.

Sementara itu, tim assessor, Syafrudin mengatakan bahwa BAN-PT pada saat sekarang berbasis data, sehingga SDM harus merujuk kepada pangkalan data Dikti. “Kalau melihat Dikti, dosen yang tecatat di pasca sarjana masih tercatat pula di fakultas. Dengan demikian, logikanya semua dosen pasca dipindahkan ke pasca sarjana. Selanjutnya apabila ada penambahan jumlah mahasiswa, apakah dasarnya? Dengan berdasarkan rasio tersebut dapat dilihat layak tidaknya,” jelasnya.

Universitas Negeri Yogyakarta saat ini telah memiliki sebanyak 1035 orang dosen PNS, 60 dosen kontrak, 555 karyawan PNS, 900 karyawan kontrak dengan dukungan 4 kampus yang terletak di Kampus Karangmalang, Kampus Jalan Kenari, Kampus Jalan Bantul, dan Kampus Wates. (Ratnae)