Tim Asesor BAN PT Visitasi Prodi Pend. Seni PPs UNY

Sebagai prodi baru, Pendidikan Seni (PSn) Program Pascasarjana UNY berkewajiban untuk segera mengajukan akreditasi. Beberapa waktu yang lalu borang akreditasi sudah dikirimkan ke BAN PT. Setelah melalui penilaian intern di BAN PT, dilanjutkan dengan asesmen lapangan untuk mengecek kondisi riil sesuai informasi yang tertuang dalam borang.

Pada hari Jumat-Sabtu, 10-11 Juli 2015, Tim Asesor BAN PT berkesempatan memvisitasi prodi Pendidikan Seni (PSn). Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Sn. dari UNESA dan Dr. Nuning Y. Damayanti Adisasmito, Dipl. Art. dari ITB yang diberikan wewenang untuk menilai akreditasi tersebut.

Kedua asesor disambut oleh Rektor UNY dan jajarannya di ruang rapat RKU UNY. Turut hadir dalam pertemuan itu antara lain WR I, WR III, WR IV, Direktur PPs, Kaprodi PSn, Dosen PSn, Ka. Biro AKI, Bag. Informasi, dan Penjaminan Mutu UNY.

Pada kesempatan tersebut rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., menyampaikan UNY secara umum mulai dari visi misi, fakultas, jurusan, prodi yang ada di UNY. Selain itu, beliau juga memaparkan tentang sarana prasarana akademik yang dimiliki. Semakin lama animo mahasiswa yang akan belajar di UNY mengalami peningkatan. Untuk itu perlu diimbangi dengan pengembangan sarana prasarana seperti gedung perkuliahan, laboratorium dan lain-lain.

Prestasi mahasiswa khususnya bidang Seni juga cukup membanggakan. Sesuai dengan identitas UNY “Leading in Caharacter Education”, seni juga dapat mendukung pembentukan karakter mahasiswa. Maka dari itu, dukungan UNY untuk pengembangan bidang seni sedang digalakkan terbukti dengan peningkatan sarana laboratorium untuk praktikum mahasiswa seni. 

Pada awal verifikasi, tim asesor mulai mencermati isi borang institusi (Buku III B). Isi borang yang telah dikirim ke BAN PT disesuaikan dengan kondisi di lapangan yang diperkuat dengan bukti fisik yang telah disiapkan. Verifikasi standar 1 s.d. 7 dapat dihadapi dengan lancar oleh Direktur, Asdir, dan Penjaminan Mutu.

Selanjutnya pencermatan borang program studi (Buku III A), tim asesor ditanggapi oleh kaprodi PSn, Prof. Dr. Trie Hartiti Retnowati, M.Pd. didampingi oleh beberapa dosen pengajar prodi. Proses pencermatan diawali dengan paparan dari kaprodi yang menyampaikan mulai dari visi misi, tujuan, kompetensi lulusan, kurikulum, hingga kegiatan penelitian serta PPM.

Pada kesempatan yang lain asesor juga berbincang dan mendengarkan testimoni dari mahasiswa PSn. Karena merupakan prodi baru tentunya belum memiliki lulusan dan masih sedikit jumlah mahasiswanya, maka cukup singkat perbincangannya. Mahasiswa diminta menyampaikan masalah berkaitan dengan suasana kegiatan perkuliahan, kurikulum, dan sarana prasarana akademik yang disediakan PPs UNY. Kedua asesor cukup mendapatkan informasi untuk melengkapi format penilaian.

Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan hasil visitasi. Setelah dirasa cukup, maka visitasi secara resmi selesai. Kedua asesor dilepas oleh Direktur, Asdir, Kaprodi, dan Tim Penjaminan Mutu PPs UNY. (Rubiman)