TALK SHOW RISET KMP UNY BERHASIL PUASKAN AUDIEN

Untuk pertama kalinya KMP UNY mengadakan Talk show  Riset yang diselenggarakan pada Sabtu, 2 Mei 2015 di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY. Kegiatan yang berlangsung di tengah rintik hujan ini tak menyurutkan niat para peserta untuk menimba ilmu dari dua orang pembicara yang berkompeten dalam bidang riset, yaitu Prof. Slamet, PH., MA., M.Ed., MA., MLHR., Ph.D., dan Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. Ada banyak hal yang menarik dari kegiatan yang diselenggarakan untuk pertama kalinya oleh KMP UNY ini, salah satunya adalah pembicara yang mengisi kegiatan tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Rini Budianti, “ Selain untuk menambah wawasan, saya tertarik dengan pembicaranya, yaitu Prof. Slamet yang sudah beberapa kali mengisi pelatihan guru, dan selalu memberi inspirasi dalam setiap kata-katanya”, ungkap mahasiswi program studi pendidikan IPA P2TK ini.

Berdasarkan angket yang diisi oleh peserta yang berisi 5 pernyataan, (1) Talk show  Riset memberikan wawasan tentang penelitian UNY dan penelitian luar negeri, (2) Talk show  Riset memberikan motivasi untuk menulis artikel dan jurnal ilmiah, (3) Talk show  Riset didesain dengan menarik dan interaktif, (4) Talk show  Riset memberikan fasilitas dan pelayanan yang baik, dan (5) Kegiatan KMP mampu mengembangkan potensi mahasiswa, untuk semua pernyataan lebih dari 50% peserta menjawab setuju dan 20-40% peserta menjawab sangat setuju. Hal ini tentu tidak lepas dari pembicara serta konsep acara yang disusun oleh KMP UNY sehingga peserta merasa nyaman dan tertarik selama kegiatan berlangsung. Seperti yang diungkapkan oleh Syamsuryanti, S.Pd., “Kita merasa nyaman karena dari pembicara dan moderator sendiri terkesan humoris sehingga kita tidak mengantuk selama kegiatan”. Selain itu, mahasiswi Program Studi Pendidikan IPS ini juga berpesan agar pada kegiatan selanjutnya KMP UNY lebih gencar dalam memberi informasi, “Mungkin untuk kedepannya, lebih gencar lagi dalam memberi informasi atau promosi, soalnya saya juga terlambat mengetahui kegiatan ini”, tambahnya.

Berdasarkan hasil angket evaluasi kegiatan yang diisi oleh responden sebanyak 140 orang. Pada pernyataan kegiatan Talk show  Riset memberikan wawasan tentang penelitian UNY dan penelitian luar negeri, 40% menyatakan sangat setuju, 55,71% menyatakan setuju, 2,14% menjawab kurang setuju, dan 2,14% menyatakan tidak setuju. Grafik datanya sebagaimana gambar di samping.

 

Pada pernyataan Talk show  Riset memberikan motivasi untuk menulis artikel dan jurnal ilmiah, diperoleh data, sebanyak 40,71% menyatakan sangat setuju, 52,86% menyatakan setuju, 5,71% menyatakan kurang setuju dan 0,71% menjawab tidak setuju. Grafik datanya sebagaimana gambar di samping.

 

Pada pernyataan Talk show  Riset didesain dengan menarik dan interaktif, sebanyak 35,71% menyatakan sangat setuju, 58,57% menyatakan setuju, 5% menyatakan kurang setuju, dan 0,71% menyatakan tidak setuju. Grafik datanya sebagaimana gambar di samping.

 

Berikutnya pada pernyataan Talk show  Riset memberika fasilitas dan pelayanan yang baik, sebanyak 23,57%  menyatakan sangat setuju, 62,14% menyatakan setuju, 13,57% menjawab kurang setuju dan sisanya 0,71% menyatakan tidak setuju. Grafik datanya sebagaimana gambar di samping.

 

Pada pernyataan kegiatan KMP UNY mampu mengembangkan potensi mahasiswa, sebanyak 22,14% menjawab sangat setuju, 68,57% menjawab setuju, 7,86% menyatakan kurang setuju dan 1,43% menjawab tidak setuju. Grafik datanya sebagaimana gambar di samping.