TALK SHOW RISET KMP UNY : “MEMBANGUN BUDAYA RISET UNY MENUJU WORD CLASS UNIVERSITY”

Sabtu, 2 Mei 2015 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, KMP UNY menggelar kegiatan Talk Show Riset. Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan di pascasarjana UNY ini berlangsung sejak pukul 08.30 - 12.30 WIB dan berlokasi di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY. Dengan mengusung tema “Membangun Budaya Riset UNY Menuju Word Class University”, kegiatan yang bertujuan untuk untuk (1) memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai penelitian. (2) membangun budaya penelitian bagi mahasiswa. (3) mengetahui perbedaan antara penelitian di Indoensia dengan di luar negeri diharapkan mampu memberi inspirasi kepada mahasiswa dalam melaksanakan penelitian. Seperti disampaikan oleh Ence Surahman, S.Pd selaku ketua KMP 2015 dalam sambutannya, “Semoga dengan acara ini kita akan mengetahui gambaran lebih jelas tentang kultur penelitian di luar negeri untuk kita kembangkan menjadi budaya yang mengakar di kampus kita tercinta, dengan begitu kita bisa menelisik dan merenungkan setiap temuan masalah kita secara ilmiah agar menghasilkan karya yang berkualitas dan bermanfaat untuk orang banyak melalui publikasi dalam bentuk jurnal baik nasional maupun internasional”, ungkapnya.

Kegiatan Talk Show riset yang digagas oleh bidang riset dan pengabdian KMP UNY menghadirkan dua pembicara yang berkompeten dalam bidang riset, yaitu Prof. Slamet, PH., MA., M.Ed., MA., MLHR., Ph.D., yang merupakan seorang ilmuan, konsultan pendidikan dan guru besar UNY dan Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd., yang merupakan kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY untuk mengisi kegiatan tersebut. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga menghadirkan moderator yang sudah cukup berpengalaman dalam riset, yaitu Bara Sauma Adiguna, S.Pd. Mahasiswa program studi Ilmu Keolahragaan PPs UNY ini adalah kepala biro minat dan bakat di KMP UNY dan pernah menjadi pemakalah pada konferensi Internasional di Taiwan dan Malaysia. Kegiatan yang dikemas secara santai membuat para peserta yang merupakan mahasiswa dari jenjang S1 sampai S3 merasa nyaman selama mengikuti kegiatan tersebut. Ditambah lagi setiap informasi yang disampaikan diselingi candaan baik dari pembicara maupun moderator.

Kegiatan yang dihadiri 208 peserta yang terdiri dari mahasiswa jenjang S1 hingga S3 tampak antusias selama kegiatan berlangsung. Hal ini tampak dari banyaknya peserta yang ingin bertanya kepada kedua pembicara. Salah satu pertanyaan yang pada akhirnya mendapat hadiah sebagai pertanyaan terbaik adalah pertanyaan yang disampaikan Lutfi, yang merupakan mahasiswa semester 2 program studi pendidikan biologi PPs UNY. Antusiame peserta juga tampak dari perhatian perhatian yang diberikan selama kegiatan berlangsung. Dari kegiatan tersebut, peserta mendapatkan banyak manfaat, terutama dalam hal penulisan jurnal ilmiah. Seperti yang diungkapkan oleh Syamsuryanti, S.Pd., mahasiswi Pendidikan IPS, “selama acara talk show   ini saya mendapat banyak sekali manfaat, baik tentang jurnal, pengalaman dari Prof. Slamet yang punya banyak gelar akademik, bagaimana menulis jurnal, bagaimana cara agar jurnal bisa tembus ke jurnal nasional dan internasional, dan lainnya”. (Humas Media KMP UNY)