SOSIALISASI PRODI S2 PENDIDIKAN BAHASA JAWA

Prodi S2 Pendidikan Bahasa Jawa (PBJ), terus melakukan kegiatan sosialisasi sebagai prodi baru kepada khalayak dan alumni. Beberapa instansi dan media yang telah digandeng dalam program ini antara lain adalah Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan DIY, Harian Kedaulatan Rakyat (KR), dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa.

Kegiatan ini dilakukan mengingat posisi Prodi S2 PBJ yang bisa dibilang masih “bayi” (didirikan berdasarkan SK Mendikbud RI, No. 360/E/O/2014), bertanggal 24 Agustus 2014; Hal ini tentu berdampak pada kurangnya informasi masyarakat, bahwa di Universitas Negeri Yogyakarta sudah berdiri Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Jawa. Hal ini sangat wajar, mengingat di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY, sudah memiliki Prodi Pendidikan Bahasa Jawa S1 yang sudah relative dewasa.

Untuk mewadahi mahasiswa yang ingin melanjutkan ke S2 itulah, prodi S2 PBJ membuka informasi dengan cara melakukan kegiatan sosialisasi prodi. Pada hari Selasa, 17 Maret 2015, prodi mengadakan sosialisasi di Ruang Sidang Utama Rektorat. Peserta yang hadir diantaranya adalah para alumni PBJ S1, alumni PT lain, para guru, dan Kepala Sekolah, dan sebagian mahasiswa yang sudah ujian  skripsi.

Dalam kegiatan tersebut, Direktur PPs dalam sambutannya memberi informasi bahwa ada kemungkinan Dinas Pendidikan DIY akan menawarkan Beasiswa S2 bagi para Guru yang ingin melanjutkan studinya. Adapun materi lainnya adalah: “pengenalan prodi” disampaikan oleh Kaprodi PBJ, Dr. Mulyana, M.Hum; dan materi “unggulan prodi” disampaikan oleh Prof. Dr. Suwardi, M.Hum.

Kegiatan ini mendapat sambutan yang cukup baik, terbukti para guru yang tergabung dalam MGMP menginginkan kegiatan sosialisasi prodi S2 PBJ ini dapat dilakukan dalam kegiatan MGMP di daerah masing-masing. (Mulyana)